Cara Memasukkan (Burning) File Ke CD atau DVD R/RW Menggunakan Nero Burning Rom





Assalamualaikum wr. wb, selamat siang para pembaca sekalian. Tidak terasa kita telah berada pada bulan Maret tahun 2014, maka dari itu saatnya saya akan membuat artikel terbaru di blog ini. Judul pembahasan kita kali ini adalah Cara untuk memasukkan (Burning) file ke CD Atau DVD R/RW menggunakan Nero Burning Rom.


Pasti sebagian besar dari kita sudah mengetahui mengenai cara ini tapi masih banyak juga yang saya dapati teman-teman yang belum mengetahui caranya, maka dari itu saya akan membahas cara mem-Burning file ke CD atau DVD R/RW.

Caranya sangatlah mudah pertama-tama bukalah aplikasi Nero Burning Rom yang teman-teman punya, jika belum punya silahkan didownload atau minta dari teman drivernya dan install. Pada menu pertama Nero pilih menu Data dan pilih lagi Make Data CD jika teman-teman menggunakan CD R/RW dan Make Data DVD jika teman-teman menggunakan DVD R/RW. Perhatikan gambar berikut.



Setelah itu akan muncul tampilan slanjutnya, pilih data yang akan kita masukkan ke CD atau DVD R/RW dengan mengklik Add yang ada disebelah pinggir kanan. Perlu diingat bahwa jangan memasukkan terlalu banyak file ke dalam CD atau DVD R/RW apalagi jika melebihi kapasitas CD atau DVD R/RW tersebut.



Jika hal itu terjadi maka kita harus mengurangi file yang akan kita masukkan dengan cara menghapus atau men-Delete sebagian file tersebut. Setelah itu klik Next untuk melanjutkannya,  Perhatikan gambar berikut.



Pada tampilan berikutnya silahkan teman-teman merubah atau mengganti nama disc sesuai dengan keinginan teman-teman, dan jika tidak mau merubah tidak apa-apa. Setelah itu klik Burn untuk melanjutkan proses Burning file ke dalam CD atau DVD R/W, perhatikan gambar berikut.


Pada tahap ini proses Burning sedang terjadi, lama tidaknya waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan atau burning file tersebut tergantung dari banyak atau tidaknya ukuran dari file  yang akan teman-teman masukkan.



Semakin besar ukuran file yang teman-teman masukkan maka semakin lama pula waktunya dan semakin sedikit ukuran file yang teman-teman masukkan maka waktunya akan singkat.jika teman-teman ingin menghentikan proses burning dengan alasan tertentu silahkan mengklik Stop,  Perhatikan gambar berikut.



Bagaimana, mudah bukan caranya ? sekian dulu artikel saya pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta dapat pula bermanfaat untuk dirisaya sendiri. Jika teman-teman masih belum jelas atau teman-teman ingin memberikan saran dan kritiknya, jangan ragu untuk berkomentar pada kotak komentar yang telah disediakan disebelah bawah artikel ini. Selamat mencoba….




Tutorial Lainnya:

2 Responses to "Cara Memasukkan (Burning) File Ke CD atau DVD R/RW Menggunakan Nero Burning Rom"