Cara Penggunaan Fungsi Min di Microsoft Excel





Cara Penggunaan Fungsi Min di Microsoft Excel

Assalamualaikum wr. wb. dan selamat pagi untuk para pengunjung blog Tutorial Microsoft Office. pada kesempatan kali ini saya akan berbagi lagi mengenai cara penggunaan fungsi Min pada Microsoft Excel 2003 dan 2007. Fungsi (function) dalam Microsoft Excel 2003 maupun 2007 merupakan rumus siap pakai yang dapat digunakan sebagai alat untuk membantu proses perhitungan.


Dalam Microsoft Excel 2003 maupun Microsoft Excel 2007 terdapat banyak fungsi yang dapat digunakan, diantaranya yaitu fungsi Sum, Average, Count, Max, dan Min. Akan tetapi pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai fungsi Min saja, fungsi-fungsi lainnya aan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Sebelum kita lanjut, mungkin teman-teman tertarik juga untuk membaca tutorial kami lainnya dibawah ini:
Setelah pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai fungsi Sum, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang fungsi Min. Fungsi Min dalam microsoft Excel 2003 maupun 2007 digunakan untuk mencari nilai terkecil dari sekumpulan data, Jadi dengan menggunakan fungsi Min ini kita akan dapat mengetahui nilai mana yang paling kecil dari beberapa nilai yang ada.

Untuk cara penggunaan fungsi Min pada Microsoft Office Excel 2003 maupun 2007 caranya sangatlah mudah dan pasti teman-teman semua sudah mengetahui caranya. Untuk langkah pertama, silahkan teman-teman menyediakan kumpulan data yang di acak nilainya. Sebagai contoh perhatikan gambar berikut.


Setelah itu ketik rumus Fungsi Min pada cell yang kosong, rumusnya yaitu =min(B4:H5). B4 menunjukkan pada awal data yaitu kolom B baris 4, sedangkan H5 menunjukkan pada akhir data yaitu kolom H baris 5. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berkut.


Setelah itu teka enter dan lihat hasilnya, jadi nilai terkecil dari data tersebut yaitu 14. Untuk membuktikannya silahkan teman-teman mencari nilai yang lebih kecil dari 14 yang ada pada kolom tersebut.


Itu dia cara untuk menggunakan fungsi Min pada Microsoft Office Excel 2003 maupun 2007, jika teman-teman ingin mengajukan pertanyaan mengenai artikel ini silahkan menuliskannya pada kotak komentar yang telah tersedia. Sekian dulu artikel saya pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini dan artikel lainnya yang ada pada blog ini dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian.






Tutorial Lainnya:

0 Response to "Cara Penggunaan Fungsi Min di Microsoft Excel"

Posting Komentar