Cara Penggunaan Fungsi Sum di Microsoft Excel





Cara Melakukan Penjumlahan atau Perhitungan Antar Worksheet di Excel

Assalamualaikum wr. wb. selamat pagi pengunjung blog Tutorial Microsoft Office, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman sekalian mengenai cara penggunaan fungsi sum pada microsoft excel 2003 dan 2007. Pasti teman-teman semua telah mengetahui caranya sebab fungsi sum sudah umum digunakan oleh orang dalam menghitung pada excel 2003 maupun 2007.


Fungsi (function) adalah rumus siap pakai yang dapat digunakan sebagai alat untuk membantu proses perhitungan. Dalam Microsoft Excel 2003 maupun Microsoft Excel 2007 terdapat banyak fungsi yang dapat digunakan diantaranya yaitu fungsi Sum, Average, Count, Max, dan Min. Nah pada artikel ini kita akan membahas fungsi Sum saja, adapaun untuk fungsi-fungsi lainnya akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Sebelum kita lanjut, mungkin teman-teman tertarik juga untuk membaca tutorial kami lainnya dibawah ini:
Cara untuk menggunakan fungsi Sum pada Microsoft Excel 2003 maupun 2007 sangatlah mudah, fungsi sum merupakan funsi untuk mencari jumlah total dari sekumpulan data yang ada, Jadi fungsi ini sama dengan penjumlahan. Berikut langkah-langkah dalam penggunaan fungsi Sum pada excel, pertama-tama tentukan data yang akan dihitung jumlahnya, sebagai contoh perhatikan gambar berikut.


Setelah itu ketik =sum(B4:H5) pada cell yang kosong. B4 merupakan awal data yang akan dihitung yaitu kolom B baris 4, sedangkan H5 merupakan akhir dari data yang akan dihitung yaitu kolom H baris 5. Perhatikan gambar berikut.


Selanjutnya tekan tombol Enter dan jumlah dari semua data yanga da pada kolom tersebut akan muncul, jumlahnya yaitu 759. untuk membuktikannya, teman-teman bisa menghitungnya lagi menggunakan kalkulator.


Nah gmana teman, mudah bukan caranya, saya yakin teman-teman semua pasti bisa mempraktekkannya di rumah. Sekian dulu artikel saya kali ini, semoga atikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar jika teman-teman ingin bertanya atau lainnya. nantikan juga artikel-artikel kami selanjutnya. Wassalam...







Tutorial Lainnya:

0 Response to "Cara Penggunaan Fungsi Sum di Microsoft Excel"

Posting Komentar