Cara Penerapan Fungsi Average di Microsoft Excel





Cara Penerapan Fungsi Average di Microsoft Excel

Assalamualaikum wr. wb. dan selamat pagi pengunjung blog Tutorial Microsoft Office dimana pun berada. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman sekalian mengenai cara menggunakan fungsi average pada Microsoft Office Excel 2003 maupun 2007.


Pada artikel kita yang lalu, kita telah membahas mengenai cara penggunaan fungsi Min dan fungsi Sum. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara penggunaan fungsi average. Fungsi Averagi merupakan fungsi yang dipakai untuk mencari nilai rata-rata dari beberapa atau sekumpulan data yang ada. Jadi fungsi Average ini yaitu untuk menghitung rata-rata.

Sebelum kita lanjut, mungkin teman-teman tertarik juga untuk membaca tutorial kami lainnya dibawah ini:
Cara untuk menghitung rata-rata dengan fungsi average sangatlah mudah, pasti teman-teman sudah banyak yang mengetahuinya. Teman-teman terlebih dahulu menyediakan sekumpulan data yang akan dihitung rata-ratanya, sebagai contoh saya membuat sekumpulan data seperti pada gambar dibawah ini.


Pada gambar tersebut terdapat sekumpulan data yang akan kita hitung berapa rata-rata dari semua data tesebut. Untuk menghitung rata-ratanya, teman-teman perlu mengetik rumusnya pada cell yang kosong. Rumusnya yaitu =Average(B4:H5), untuk rumus yang didalam kurung, teman-teman perlu menyorot semua angka yang terdapat pada kotak tersebut mulai dari Kolom B baris 4 hingga Kolom H baris 5. Perhatikan gamba berikut.


Setelah itu tekan enter, dan secara otomatis akan muncul hasil rata-rata dari data tersebut. Rata-rata dari data tersebut ialah 54,21429, untuk membuktikannya silahkan teman-teman menghitung ulang dengan menggunakan kalkulator.


Nah, bagaimana teman, mudah bukan caranya, saya yakin pasti teman-teman bisa untuk mempraktekkannya di rumah masing-masing. Sekian dul artikel saya kali ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-tema semua dan jangan upa meninggalkan komentar jika teman-teman mampir di artikel ini.






Tutorial Lainnya:

0 Response to "Cara Penerapan Fungsi Average di Microsoft Excel"

Posting Komentar