Jenis-Jenis Penyimpanan Magnetic



Jenis-Jenis Penyimpanan Magnetic ~ Penyimpanan Magnetic atau Magnetic disk merupakan  cara untuk penyimpanan data dengan menggunakan piranti sekunder yang berbentuk cakram dan terbuat dari logam atau pelastik, penyimpanan magnetic ini yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer modern. Cara kerja dari penyimpanan magnetic ini adalah Pada saat disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Ada sebuah read−write head yang ditempatkan di atas permukaan piringan tersebut. Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sektor. Cakram fixed−head memiliki satu head untuk tiap−tiap track, sedangkan cakram moving−head (atau sering dikenal dengan nama cakram keras ) hanya memiliki satu head yang harus dipindah−pindahkan untuk mengakses dari satu track ke track yang lainnya. Berikut ini bberapa contoh penyimpanan magnetic komputer yang biasa kita lihat sehari-hari.

1. Harddisk drive (HDD)
Alat ini merupakan tempat menyimpan data pada CPU. Jika hardisk dibuka, maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. Kecepatan putarannya bervariasi. Ada yang 5400 putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit. Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. Besarnya bervariasi, ada yang 1,2 Gigabyte (GB) hingga 500 GB.

2. Floppy disk
Disket merupakan salah satu jenis penyimpanan data yang sudah mulai menghilang dari pasaran karena tergusur oleh mode penyimpanan lain yang lebih modern, disket merupakan memory menyimpanan yang terdiri dari satu buah platter dan dilindungi oleh penutup berbentuk kotak tipis. Untuk membaca atau menulis pada sebuah disket kita perlu membutuhkan Floppy disk drive. Cara kerja floppy disk hampir sama dengan harddisk. Plat bundar berisi data dalam disket akan diputar oleh motor dalam floopy disk drive. Sebuah magnet akan membaca atau menulis data pada disket itu.

Jenis-Jenis Penyimpanan Magnetic
3. CD dan DVD
Dulunya CD atau DVD hanya dapat digunakan untuk membaca data dan tidak dapat digunakan untuk menyimpan data, Namun saat ini, ada alat serupa yang dapat digunakan untuk menulis / menyimpan data ke sebuah CD. Namanya CD/DVD-RW (CD/DVD Read and Write atau CD/DVD baca dan tulis). Cara kerja CD/DVD-ROM maupun CD/DVD-RW sama dengan cara kerja harddisk atau floppy disk drive. Bedanya, bagian yang diputar adalah kepingan CD/DVD.

Related Posts:

0 Response to "Jenis-Jenis Penyimpanan Magnetic"

Post a Comment