Manfaat Jaringan Internet

Jaringan komputer merupakan hubungan komputer satu sama lain dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media transmisi, dapat menggunakan hardware dan software bersamasama sehingga dapat saling berbagi data, proses, informasi, dan melakukan komunikasi. Jaringan komputer memiliki beberapa manfaat dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri. Manfaat-manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Sebagai Media berbagi sumber daya (sharing resources)
Setiap orang yang ada pada jaringan dapat berbagi program, database, hardware, atau sumber daya lainnya tanpa terpengaruh lokasi maupun pengaruh dari pemakai. Dengan demikian sumber daya yang diperlukan dapat dikurangi.

2. Sebagai Media komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antarpengguna, baik untuk telekonferensi maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya. Dengan demikian, orang-orang yang jaraknya berjauhan akan lebih mudah untuk bekerjasama.

3. Sebagai Media integrasi data
Pembangunan jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat. Setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Dengan adanya jaringan komputer, maka pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah, karena adanya kemampuan berbagi peralatan melalui jaringan.

Ilustrasi Jaringan Komputer [Image by windakutubuku.blogdetik.com], 
4. Sebagai Media keamanan data
Sistem jaringan komputer memberikan perlindungan terhadap data. Jaminan keamanan tersebut diberikan melalui pengaturan hak akses para pemakai dan password, serta perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif, sumber daya lebih efisien, dan informasi terkini.

Daftar Pustaka : Teknologi Informasi dan Komunikasi/Adi Setyawan, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Related Posts:

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan hubungan komputer satu sama lain dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media transmisi, dapat menggunakan hardware dan software bersama-sama sehingga dapat saling berbagi data, proses, informasi, dan melakukan komunikasi. Jaringan komputer memberikan pelayanan yang lebih cepat, dinamis, dan menjanjikan.

Jaringan komputer dapat mempercepat pendistribusian data dan informasi untuk menunjang keputusan. Para pengguna jaringan komputer yang terhubung dengan internet dapat saling berkomunikasi walaupun berbeda negara. Begitu juga pada jaringan komputer lokal. Jaringan komputer memungkinkan penggunaan fasilitas bersama-sama seperti printer, harddisk, scanner, program aplikasi tertentu, dan perangkat lainnya. Komputer utama (server) dihubungkan ke komputer lain (client) menggunakan jaringan kabel (wired) maupun tanpa kabel (wireless), sehingga fasilitasnya dapat digunakan oleh komputer lain.

Sistem jaringan komputer yang digunakan dalam sistem administrasi lembaga pendidikan dapat memberikan perlindungan terhadap data. Jaminan perlindungan data tersebut diberikan kepada pengguna berupa password, serta teknik perlindungan terhadap harddisk.

Secara umum, setiap komputer yang mengirim data lewat jaringan dapat disebut server, sementara komputer yang menerima data dapat disebut client. File server menunjuk pada komputer dalam jaringan dengan satu tujuan, yaitu mengirim dan menerima file data. Komputer ini tidak memproses atau mengubah data yang dikirim. Bahkan komputer ini tidak mengetahui jenis data yang dikirimnya. Dengan perkataan lain, server tidak perlu tahu apakah file berupa dokumen teks, gambar, grafik, atau yang lainnya.
Jaringan Komputer Ilustrasi [Image by windakutubuku.blogdetik.com], 
Sebaliknya, komputer ini sibuk menjawab permintaan dari komputer client atas file yang disimpannya. Sedangkan file, jenis data yang dikandungnya, serta apa yang dapat diperbuat dengan file tersebut sepenuhnya diserahkan kepada perangkat lunak di komputer client. Tujuan dibangunnya suatu jaringan komputer adalah untuk mengantarkan informasi secara tepat dan akurat dari sisi pengirim ke sisi penerima.

Daftar Pustaka : Teknologi Informasi dan Komunikasi/Adi Setyawan, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Related Posts:

Pengertian Dari Cold Booting dan Warm Booting

Perlu Anda pahami bahwa menyalakan komputer/booting bukanlah hal yang sulit, namun perlu juga dipahami demi keselamatan peralatan komputer Anda. Sebelum menekan tombol on/off yang terdapat pada CPU komputer, terlebih dahulu teman-teman menyalakan Stavolt atau perangkat penstabil daya lainnya jika teman-teman menggunakannya.

Booting atau menyalakan komputer dapat dibedakan menjadi dua, yaitu cold booting dan warm booting.

1. Cold Booting
Cold booting disebut juga booting dingin merupakan cara untuk menyalakan komputer dari proses awal, yaitu komputer masih dalam keadaan dingin atau masih dalam posisi OFF. Adapun caranya tekan tombol CPU pada posisi ON.

2. Warm booting
Warm booting disebut juga booting panas, yaitu proses menjalankan komputer dari komputer yang sudah dalam keadaan ON biasanya warm booting dilakukan apabila cold booting mengalami kegagalan, sehingga cara ini dikenal sebagai cara me-reset. Cara menjalankan warm booting adalah dengan menekan secara bersama tombol-tombol Ctrl + Alt + Del.
Proses Booting Windows XP [Image by forum.kompas.com], 
Setelah proses booting selesai selanjutnya pada layar komputer akan muncul tampilan desktop, tampilan ini menunjukkan bahwa komputer telah siap dioperasikan, Anda tinggal menekan tombol start dan memilih program.

sumber pustaka : BSE Teknologi Informasi dan Komunikasi 1/Eko Supriyadi, Muslim Heri Kiswanto; editor, Muh. Irwansyah; ilustrator, Heri Parwoko.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Related Posts:

Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Kecepatannya

Mungkin bagi orang awam hanya mengenal satu jenis komputer saja yaitu jenis komputer yang dipakai sehari-hari, kamputer tersebut merupakan komputer yang murah dan dibuat atau diproduksi secara banyak atau missal serta berukuran tidak terlalu besar.

Sedangkan ada juga jenis komputer yang digunakan khusus dan tidak diproduksi secara missal karena ukurannya yang cukup besar serta kecepatannya yang super hebat. Secara umum, jenis-jenis komputer saat ini terbagi menjadi enam jenis yaitu sebagai berikut.

1. Superkomputer

Superkomputer merupakan jenis komputer yang memiliki kecepatan proses paling hebat. Biasanya digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalnya peramalan cuaca dan perancangan roket. Superkomputer ini tersusun atas 9.152 prosesor Pentium P6 dengan kecepatan lebih dari 1,3 trilyun instruksi per detik. Pada tahun 2004 IBM telah menyelesaikan proyek superkomputer Blue Storm dengan kecepatan 20 trilyun instruksi per detik.

2. Mainframe atau Komputer Besar


Mainframe adalah komputer yang sangat besar dengan kecepatan 50 sampai 20.000 MFLOPS. Harganya mencapai jutaan dolar dan mempunyai ukuran lebih dari satu ruangan. Kegunaannya adalah menangani pemrosesan data dengan volume yang sangat besar. Contoh komputer ini adalah IBM S/390.

3. Minicomputer atau komputer kecil


Minicomputer sering disebut dengan sistem Midrange, merupakan mesin besar yang berdaya guna (powerfull). Biasanya melayani jaringan dengan terminal yang sederhana, sebagai server pada perusahaan berskala menengah, memiliki kecepatan 3-1.000 MLOPS. Contoh komputer ini adalah IBM AS/400.

4. Workstation atau terminal kerja
Workstation merupakan mesin yang powerfull. Komputer-komputer ini mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan aplikasi perhitungan yang rumit dengan kecepatan 50-500MLOPS. Komputer-komputer ini menggunakan sistem operasi UNIX atau NT. Komputer jenis ini dilengkapi dengan prosesor RISC yang powerfull seperti digital Alpha atau MIPS.

5. Mikrokomputer


Mikrokomputer lebih dikenal dengan personal computer/komputer pribadi, merupakan komputer yang murah dan dibuat/diproduksi secara banyak/massal, dengan kecepatan 1-50MLPOS. Biasanya menggunakan DOS, Windows, atau sistem operasi yang sejenis. Komputer ini digunakan untuk aplikasi-aplikasi standar. Mikrokomputer dibedakan menjadi Desktop PC, Tower PC, Notebook, Palmtop, PDA, dan Laptop.

6. Mikrokontroler


Mikrokontroler disebut juga Embedded Computer, yaitu suatu mikroprosesor yang berukuran kecil yang biasa dipasang pada peralatan elektronik cerdas, mobil, maupun lift. Keunggulan dari mikroprosesor ini adalah mem-buat peralatan dapat diprogram.

sumber pustaka : BSE Teknologi Informasi dan Komunikasi 1/Eko Supriyadi, Muslim Heri Kiswanto; editor, Muh. Irwansyah; ilustrator, Heri Parwoko.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Related Posts:

Jenis Peralatan Pendukung yang Perlu Ada Pada Komputer

Jenis Peralatan Pendukung yang Perlu Ada Pada Komputer ~ Salah satu yang perlu diperhatikan dalam menjalankan atau mengoperasikan sebuah komputer yaitu pada masalah kelistrikan. Arus listrik yang masuk ke dalam komputer kita itu kadang kala tidak stabil dan seri mati mendadak, untuk itu kita memerlukan beberapa instalasi atau piranti pendukung yang menghubungkan antara CPU ke arus listrik.

Dengan menggunakan alat pendukung ini dapat membuat CPU kita tidak cepat rusak. Peralatan pendukung tambahan tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Pelindung Kejutan


Pelindung kejutan (surge protector atau kadang disebut surge surpressor) merupakan peralatan yang berfungsi untuk melindungi komputer dari lonjakan tegangan yang walaupun sesaat dapat merusak berbagai peralatan elektronik, termasuk komputer. Peralatan ini dipasang untuk menghubungkan colokan catu daya komputer dengan sumber listrik.

2. Regulator Tegangan


Regulator tegangan (voltage regulator) adalah peralatan yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik, terutama berguna jika tegangan listrik dari sumber listrik tiba-tiba menurun. Gangguan ini ditandai dengan meredup-nya lampu dan dapat menyebabkan komputer yang sedang hidup menjadi mati sesaat. Regulator tegangan dibuat dalam rangka untuk menanggulangi gangguan seperti ini. Peralatan ini dipasang untuk menghubungkan colokan catu daya komputer dengan sumber listrik.

3. UPS


UPS (Uninteruptible Power Supply) adalah peralatan yang memiliki baterai yang dapat menggantikan sumber daya listrik utama ketika sumber listrik tersebut mengalami kegagalan. Ketika arus listrik dari sumber listrik utama mati, UPS menjadi sumber listrik untuk sementara dengan kemampuan antara 15 menit sampai 1 jam. Dengan cara ini, kita mendapat kesempatan untuk mematikan komputer sehingga jika ada dokumen yang belum disimpan dapat segera disimpan.

sumber pustaka : BSE Teknologi Informasi dan Komunikasi 1/Eko Supriyadi, Muslim Heri Kiswanto; editor, Muh. Irwansyah; ilustrator, Heri Parwoko.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Related Posts:

Cara Ngeprint Gambar atau Foto Pada Nero PhotoSnap Viewer

Assalamualaikum wr. wb. dan selamat siang menjelang sore untuk para pengunjung blog Tutorial Microsoft Office yang tambah cantik dan ganteng. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan membahas tentang bagaimana Cara Untuk Ngeprint Gambar atau Foto Pada Nero PhotoSnap Viewer.

Cara Ngeprint Gambar atau Foto Pada Nero PhotoSnap Viewer ~ Nero PhotoSnap Viewer merupakan aplikasi bawaan dari aplikasi Nero Burning Rom. Jadi, jika teman-teman menginstal Nero Burning Rom maka kita juga mendapatkan aplikasi Nero PhotoSnap Viewer yang tujuannya untuk membuka gambar atau foto.

Untuk Ngeprint Gambar atau Foto Pada Nero PhotoSnap Viewer caranya sangatlah mudah, pertama-tama pilih gambar atau foto yang akan kita print, setelah itu buka gambar tersebut menggunakan Nero PhotoSnap Viewer. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.


Setelah gambar atau foto yang kita pilih tadi terbuka pada Nero PhotoSnap Viewer, maka klik menu File kemudian pilih Print. Atau jika ingin lebih cepat, teman-teman tinggal menekan Ctrl + P pada keyboard komputer atau leptop masing-masing. Perhatikan gambar berikut.


Setelah itu akan muncul menu print, isi dari menu tersebut hampir dan bahkan sama dengan menu print yang biasa kita lihat. Pada menu print tersebut terdapat nama printer yang akan kita gunakan (sebagai contoh saya menggunakan print Canon iP2700 series), terdapat pula Properties untuk amsuk ke menu pengaturan jenis print tersebut, ada juga jumlah copies, dan lain-lain. klik OK jika ingin langsung meprint gambar atau foto tersebut.


Untuk lebih jelas lagi mempraktekkan Cara Ngeprint Gambar atau Foto Pada Nero PhotoSnap Viewer, kami rekomendasikan teman-teman untuk menyaksikan video tutorialnya dibawah ini.


Bagaimana teman, mudah bukan? Sekian dulu artikel saya pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini dapat pula bermanfaat untuk teman-teman sekalian dan dapat pula bermanfaat untuk saya sendiri. nantikan terus artikel-artikel menarik lainnya dari kami di blog kesayangan kita ini Tutorial Microsoft Office. Wassalam....

Related Posts:

Komponen-Komponen yang Ada Dalam BIOS

Komponen-Komponen yang Ada Dalam BIOS ~ BIOS juga sering disebut sebagai ROM BIOS karena pada awalnya BIOS disimpan dalam chip memori hanya baca (ROM) dalam motherboard. Mengapa disimpan di dalam ROM, adalah agar BIOS dapat dieksekusi pada waktu komputer dinyalakan, tanpa harus menunggu untuk menyalakan perangkat media penyimpanan terlebih dahulu (yang memakan waktu lama).

BIOS dalam komputer PC modern disimpan dalam chip ROM yang dapat ditulisi ulang secara elektrik atau Flash ROM. Karena itulah, sekarang sebutan Flash BIOS lebih populer dibandingkan dengan ROM BIOS. Dalam BIOS, terdapat beberapa komponen dasar sebagai berikut.
  1. Program BIOS Setup yang memungkinkan pengguna untuk mengubah
  2. konfigurasi komputer (tipe hardisk, disk drive, manajemen daya listrik, kinerja komputer, dan lain-lain) sesuai keinginan. BIOS menyembunyikan detail-detail cara pengaksesan perangkat keras yang cukup rumit apabila dilakukan secara langsung.
  3. Driver untuk perangkat-perangkat keras dasar, seperti video adapter, perangkat input, prosesor, dan beberapa perangkat lainnya untuk sistem operasi dasar 16-bit (dalam hal ini adalah keluarga DOS).
  4. Program bootstraper utama yang memungkinkan komputer dapat melakukan proses booting ke dalam sistem operasi yang terpasang.
Tampilan BIOS [Image by www.startbyfinish.com], 
Sumber pustaka : Teknologi Informasi dan Komunikasi 1/Eko Supriyadi, Muslim Heri Kiswanto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Related Posts:

Fungsi BIOS (Basic Input Output System)

Fungsi BIOS (Basic Input Output System) ~ BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.

BIOS dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut.
  1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras, dalam proses yang disebut dengan POST (Power On Self Test).
  2. Memuat dan menjalankan sistem operasi.
  3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, dan kestabilan komputer).
  4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.
Sumber pustaka : Teknologi Informasi dan Komunikasi 1/Eko Supriyadi, Muslim Heri Kiswanto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Related Posts:

Penjelasan Singkat Tentang BIOS (Basic Input Output System)

Penjelasan Singkat Tentang BIOS (Basic Input Output System) ~ BIOS adalah sarana penampung atau penyimpan perintah internal command yang telah dibuat oleh perusahaan komputer. BIOS adalah sebuah program build-in yang dapat dijalankan untuk mengontrol keyboard, layar tampilan, disk drive, komunikasi serial, dan beberapa fungsi khusus lainnya. Fungsi-fungsi tersebut yang menyediakan akses tingkat-rendah (low-level) ke perangkat keras. Pada umumnya, BIOS disimpan dalam chip ROM yang sudah tersedia dalam komputer.

BIOS juga melakukan tugas booting/inisialisasi di saat komputer baru dihidupkan. Jenis BIOS yang paling sering digunakan komputer saat ini adalah flash BIOS. Flash BIOS memungkinkan kita untuk mengubah konfigurasi komputer (tipe hardisk, disk drive, manajemen daya listrik, dan lain-lain) sesuai keinginan. BIOS menyembunyikan detail-detail cara pengaksesan hardware yang cukup rumit apabila dilakukan secara langsung.

Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM).

Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut “IBMBIO.COM” (IBM PC-DOS) atau “IO.SYS” (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS. Kata BIOS juga dapat diartikan sebagai “kehidupan” dalam tulisan Yunani (BíoV).

Tampilan BIOS [Image by www.startbyfinish.com], 
Sumber pustaka : Teknologi Informasi dan Komunikasi 1/Eko Supriyadi, Muslim Heri Kiswanto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Related Posts:

Kelompok Besar Sistem Operasi Yang Digunakan Pada komputer

Kelompok Besar Sistem Operasi Yang Digunakan Pada komputer ~ Seiring dengan berkembangnya sistem operasi, semakin banyak lagi layanan yang menjadi layanan inti umum. Kini, sebuah OS mungkin perlu menyediakan layanan network dan koneksitas internet, yang dulunya tidak menjadi layanan inti umum. Sistem operasi juga perlu untuk menjaga kerusakan sistem komputer dari gangguan program perusak yang berasal dari komputer lainnya, seperti virus. Daftar layanan inti umum akan terus bertambah.

Program saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya dengan Antarmuka Pemrograman Aplikasi (Application Programming Interface) atau disingkat dengan API. Dengan API inilah program aplikasi dapat berkomunikasi dengan sistem operasi. Sebagaimana manusia berkomunikasi dengan komputer melalui antarmuka user, program juga berkomunikasi dengan program lain-nya melalui API.

Walaupun demikian, API sebuah komputer tidaklah berpengaruh sepenuhnya pada program-program yang dijalankan di atas platform operasi tersebut. Contohnya bila program yang dibuat untuk Windows 3.1 bila dijalankan pada Windows 95 dan generasi setelahnya akan terlihat perbedaan yang mencolok antara jendela program tersebut dengan program yang lain. Sistem operasisistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum termasuk PC (personal computer) terbagi menjadi 3 kelompok besar sebagai berikut.
Sistem Operasi pada Komputer [Image by www.anneahira.com], 
  1. Keluarga Microsoft Windows, antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista yang dirilis pada tahun 2007).
  2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/ Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin), dan GNU/Hurd.
  3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Pada awal tahun 2007 diluncurkan versi 10.5 (Leopard).
Untuk komputer mainframe dan superkomputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/ UX, dan lain-lain.

Sumber pustaka : Teknologi Informasi dan Komunikasi 1/Eko Supriyadi, Muslim Heri Kiswanto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Related Posts:

Bagian-Bagian Sistem Operasi Komputer Secara Umum

Bagian-Bagian Sistem Operasi Komputer Secara Umum ~ Dalam banyak kasus, sistem operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, di mana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu sehingga dalam setiap pembuatan program baru tidak perlu membuat fungsifungsi tersebut dari awal.

Bagian-bagian sistem operasi secara umum adalah sebagai berikut.
  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memori.
  2. Kernel, yaitu inti dari sebuah sistem operasi.
  3. Command Interpreter atau Shell, yang bertugas membaca input dari pengguna.
  4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
  5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal sekaligus untuk mengontrol mereka.
Sumber pustaka : Teknologi Informasi dan Komunikasi 1/Eko Supriyadi, Muslim Heri Kiswanto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Related Posts:

Fungsi Dari Sistem Operasi Pada Komputer

Fungsi Dari Sistem Operasi Pada Komputer ~ Jika sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka sistem operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, sistem operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar.

Sistem operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka sistem operasi mengatur jadwal yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.

Selain fungsi tersebut di atas, sistem operasi mempunyai tiga fungsi utama, yaitu manajemen proses, manajemen sumber daya, dan manajemen data.
  1. Manajemen proses mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses pada komputer. Proses adalah program yang sedang dijalankan.
  2. Manajemen sumber daya berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakaian sumber daya dalam sistem komputer yang dilakukan oleh perangkat lunak sistem maupun perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan pada komputer. Pengertian dari sumber daya adalah komponen perangkat keras dalam komputer seperti CPU, memori utama, dan piranti masukan/ keluaran.
  3. Manajemen data berupa pengendalian terhadap data masukan/keluaran, termasuk dalam hal pengalokasian dalam piranti penyimpanan sekunder maupun dalam memori utama.
Sistem Operasi Komputer [Image by www.anneahira.com], 
Sumber pustaka : Teknologi Informasi dan Komunikasi 1/Eko Supriyadi, Muslim Heri Kiswanto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Related Posts:

Teknologi Informasi Yang Bermanfaat Bagi Masyarakat

Teknologi Informasi Yang Bermanfaat Bagi Masyarakat ~ Informasi merupakan salah satu kunci kemajuan suatu negara. Kemajuan bangsa dapat dilihat dari pandainya negara itu mengelola sumber-sumber informasi. Informasi harus dapat dimanfaatkan dan diolah sehingga menjadi sesuatu yang bermanfaat. Selanjutnya, kamu akan mempelajari beberapa teknologi informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

1. Telepon
Kamu tentu pernah menggunakan telepon. Apa saja manfaat telepon menurutmu? Penemuan telepon membuat sektor industri menjadi lebih baik. Banyak tenaga kerja yang berhasil diserap untuk membangun jaringan telekomunikasi di seluruh dunia. Pesawat telepon juga memberikan manfaat pada bidang kehidupan lainnya. Bidang-bidang tersebut, di antaranya bidang pendidikan, pemerintahan, keagamaan, kesehatan, hiburan, dan keamanan. Jarak yang jauh menjadi terasa dekat dengan komunikasi.

2. Televisi
Televisi merupakan salah satu alat teknologi informasi yang sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Hampir di setiap rumah ada televisi. Informasi melalui televisi dapat bersifat gratis.

Perkembangan teknologi terbaru pada televisi adalah TV satelit dan TV kabel. Melalui kedua teknologi tersebut penonton dapat menikmati siaran televisi secara interaktif. Penonton tidak hanya menerima siaran, juga dapat memberikan tanggapan menggunakan telepon genggam tentang siaran televisi. Suatu saat kamu dapat belajar hanya dengan menonton televisi yang ada di rumah. Kamu juga dapat bertanya secara langsung kepada pemberi materi.

3. Radio
Radio merupakan salah satu alat teknologi informasi yang memiliki pengaruh terhadap penyebaran informasi di masyarakat. Manakah yang sering kamu lakukan, mendengarkan radio atau menonton televisi? Saat ini, televisi mulai menggeser siaran radio. Kelebihan siaran radio adalah dapat menjangkau wilayah yang tidak dapat dijangkau oleh siaran televisi. Untuk wilayah tertentu, siaran radio masih diperlukan oleh sebagian masyarakat.

4. Internet
Internet merupakan salah satu teknologi informasi yang semakin populer. Walaupun Internet belum terlalu memasyarakat, namun di berbagai bidang masyarakat telah merasakan dampak internet.

Jika kamu menggunakan telepon, kamu hanya dapat mendengar suara lawan bicara. Melalui Internet, kamu tidak hanya dapat mendengar suara lawan bicara, tetapi kamu juga dapat melihat lawan bicara. Hal tersebut dapat dilakukan jika kamu dan lawan bicaramu menggunakan web cam. Web cam adalah kamera digital yang dibuat untuk mengambil gambar secara digital dan dapat dihubungkan dengan Internet.

Saat ini, Internet tidak hanya dapat diakses menggunakan komputer. Kamu juga dapat menggunakan telepon genggam untuk mengakses internet.

Sumber pustaka : Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi/Iwan Sofana, Epsi Budihardjo.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Related Posts:

Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi ~ Hampir semua orang dapat merasakan dampak yang ditimbulkan oleh kemajuan teknologi. Coba kamu bayangkan, bagaimana rasanya hidup di zaman modern tanpa radio, televisi, telepon, dan komputer? Manfaat utama dari teknologi informasi dan komunikasi adalah untuk mempercepat proses komunikasi.

Masih ingatkah kamu dengan definisi komunikasi yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya? Dengan komunikasi, diharapkan informasi yang disampaikan dapat dipahami oleh penerima.

1. Perkembangan dunia pendidikan sangat terbantu oleh kemajuan teknologi, seperti komputer, Internet, dan telepon. Saat ini, masih banyak teman-temanmu yang belum dapat merasakan manfaat teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini disebabkan mereka tinggal di wilayah yang sulit dijangkau. Penyebaran buku-buku pelajaran dan media cetak ke tempat tersebut sangat terbatas. Perpustakaan yang tersedia pun kurang memadai. Banyak rintangan yang harus dilalui untuk mencapai perpustakaan.

2. Dengan munculnya teknologi Internet dan jaringan telepon seluler maka dapat membantu penyebaran informasi yang disebabkan hambatan jarak. Internet menyediakan akses informasi tanpa batas. Kamu dapat memperoleh informasi dari dalam maupun luar negeri. Sekolah yang sudah menyediakan akses Internet akan dapat membantu siswa untuk meningkatkan pengetahuannya. Para guru pun akan mendapat kesempatan mempelajari teknologi Internet dan terus meningkatkan pengetahuannya. Dengan demikian, siswa dan guru dapat bersama-sama meningkatkan pengetahuannya.

3. Internet juga membawa dampak positif terhadap kemajuan di bidang ekonomi dan industri. Cukup banyak bermunculan toko online yang menggunakan Internet sebagai sarana pemasaran produk. Pembeli tidak hanya dari dalam negeri saja, pembeli dari manca negara pun dapat membeli produk-produk Indonesia. Dengan demikian, Internet dapat digunakan sebagai sarana promosi barangbarang produksi.

4. Dampak positif lainnya adalah orang yang tuna netra dapat mengoperasikan komputer, mengakses Internet, mengarang lagu, bahkan menulis sebuah buku. Dengan demikian, Internet dapat membantu seseorang yang memiliki keterbatasan fisik untuk belajar dan berkarya.

5. Perkembangan teknologi yang sangat cepat memerlukan tenaga terampil di bidang ini. Penyerapan tenaga kerja di bidang teknologi informasi dan komunikasi dapat mengurangi angka pengangguran. Kamu pun dapat menjadi ahli di bidang teknologi informasi.

Dari penjelasan tersebut, dampak positif teknologi informasi dan komunikasi sangat banyak. Kamu harus dapat memanfaatkan sebaik-baiknya.

Sumber pustaka : Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi/Iwan Sofana, Epsi Budihardjo.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Related Posts: