Mengenal Aplikasi Desktop Publishing dan Aplikasi CAD/CAM

Aplikasi desktop publishing banyak digunakan di perusahaan penerbit buku, majalah, dan koran. Aplikasi desktop publishing digunakan untuk membantu menyusun dan menyelesaikan layout (tata letak) halaman. Beberapa contoh aplikasi desktop publishing sebagai berikut.
  1. MS Publisher, biasanya sudah disertakan bersama MS Office Profesional.
  2. Adobe Page Maker.
  3. Scribus, salah satu aplikasi open source yang digunakan di Linux.
CAD/CAM merupakan singkatan Computer Aided Design/Computer Aided Manufacture. Kedua jenis software tersebut banyak digunakan untuk desain atau pemodelan di dunia industri dan pendidikan. Sebagai contoh, perusahaan pembuat pesawat terbang menggunakan software CAD/CAM untuk membantu memperkirakan bentuk akhir pesawat yang sedang dibuat. Dengan demikian, perusahaan dapat menghemat biaya kerugian akibat kesalahan desain. Contoh software CAD/ CAM sebagai berikut.
  1. AutoCAD, Cukup banyak lembaga pendidikan yang mengajarkan penggunaan software AutoCAD. Salah satu kegunaan Software AutoCAD untuk desain atau membuat arsitek tur suatu contoh bangunan.
  2. SAP2000, SAP2000 digunakan untuk keperluan simulasi struktur bangunan. Biasanya software ini banyak digunakan oleh insinyur teknik sipil.
Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Related Posts:

Mengenal Aplikasi Office

Aplikasi office atau office suite merupakan aplikasi yang paling populer. Aplikasi office dibuat untuk memudahkan menyelesaikan pekerjaan kantor. Aplikasi office yang terkenal adalah Microsoft Office (MS Office). MS Office terdiri atas aplikasi berikut.

1. MS Word
MS Word merupakan aplikasi pengolah kata (word processor). kamu dapat menggunakannya untuk membuat doku men, seperti makalah, pamflet, buku, dan surat resmi.

2. MS Excel
MS Excel merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet). MS Excel dapat digunakan untuk menyelesaikan perhitungan yang melibatkan tabel.

3. MS PowerPoint
MS PowerPoint merupakan aplikasi presentasi (presentation). Soft ware ini sering digunakan untuk membuat halaman presentasi.

4. MS Access
MS Access merupakan aplikasi basis data (data base). Basis data banyak digunakan untuk keperluan penyimpanan dan pengolahan data berukuran besar. Biasanya data disimpan di komputer khusus yang disebut server data base.

Contoh lain aplikasi office adalah OpenOffice.org (OOo) yang merupakan salah satu aplikasi open source. Aplikasi yang disediakan oleh OpenOffice.org yaitu sebagai berikut.
  • OOo Writer, merupakan aplikasi word processor (fungsinya mirip dengan MS Word).
  • OOo Calc, merupakan aplikasi spreadsheet (mirip dengan MS Excel).
  • OOo Impress, merupakan aplikasi presentation (mirip dengan MS PowerPoint).
  • OOo Base, merupakan aplikasi data base (mirip dengan MS Access).
  • OOo Draw, merupakan aplikasi gambar (drawing). Kamu dapat membuat gambar dan bagan-bagan menggunakan aplikasi Draw.

Related Posts:

Mengenal Perangkat Lunak Komputer (Software Aplikasi dan Software Sistem) dan Perangkat Akal

Perangkat lunak atau software sama pentingnya dengan perangkat keras. Jika kamu menggunakan komputer yang bagus namun software yang digunakan tidak bagus, komputer tersebut tidak akan banyak bermanfaat. Orang yang membuat software disebut programmer. Programmer menulis kode-kode program seperti seorang penulis mengarang buku.

Selanjutnya, ada berapa jenis perangkat lunak komputer? Tidak ada batasan yang pasti. Namun, para ahli mengelompokkan software berdasarkan fungsinya. Secara umum, software komputer dibagi menjadi dua bagian, yaitu software aplikasi dan software sistem

1. Software Aplikasi
Software aplikasi dibuat untuk keperluan pengguna komputer. Software aplikasi sangat banyak jumlahnya. Ada software yang dibuat untuk keperluan komersial atau diperjualbelikan. Ada juga yang sengaja dibuat untuk keperluan nonkomersial atau disebarkan secara cumacuma.

Setiap software aplikasi memiliki nama dan fungsi tertentu. beberapa software aplikasi yang banyak digunakan masyarakat yaitu Aplikasi Office, Aplikasi Desktop Publishing, Aplikasi CAD/CAM, Aplikasi Internet, dan Aplikasi Editor Teks.

2. Software Sistem
Software sistem dibuat untuk keperluan komputer atau mesin. Biasanya, software jenis ini tidak secara langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh pengguna komputer.

Sistem software mengatur cara kerja komputer atau melakukan tugas khusus. Dengan demikian, pengguna dapat menyelesaikan masalah tertentu tanpa perlu mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh komputer. beberapa software sistem yang banyak digunakan  yaitu Sistem Operasi, Compiler dan Interpreter, dan Software Utilitas.

3. Perangkat Akal
Perangkat akal atau brainware tidak sering disinggung pada pembahasan perangkat komputer. Banyak pakar komputer yang berpendapat bahwa brainware bukan merupakan bagian dari teknologi informasi. Hal tersebut mungkin karena manusia bukan suatu perangkat, melainkan makhluk hidup. Namun, teknologi secanggih apapun masih memerlukan manusia untuk menjalankannya.

Tidak ada orang yang mampu menguasai semua bidang. Dalam teknologi informasi dan komunikasi terdapat pembagian bidang keahlian. Kamu mungkin pernah mendengar istilah operator, programmer, web develover, system analyst, network administrator, network engineer, dan IT Consultant. Istilah tersebut merupakan istilah pekerjaan dalam bidang teknologi informasi. Kamu pun dapat berprofesi di bidang teknologi informasi.

Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Related Posts:

Tipe Port Interface dan Peripheral yang Digunakan pada Komputer

Tipe Port Interface dan Peripheral yang Digunakan pada Komputer ~ Umumnya sebuah komputer memerlukan perangkat tambahan yang disebut peripheral. Peripheral biasanya berupa piranti input atau output. Untuk menghubungkan peripheral dengan motherboard maka dibuatlah berbagai tipe port interface (antar muka). Umumnya, interface ini dapat dijumpai di belakang casing komputer.

Tipe port interface sangatlah banyak. Penjelasan ilustrasi tipe port interface dan peripheral yang digunakan oleh komputer yaitu :
  • Port Serial, Port ini berfungsi untuk berbagai peralatan serial (serial device). Misalnya Mouse dan modem serial.
  • Port paralel, Port ini berungsi untuk berbagai peralatan paralel (parallel device). Misalnya Printer, CD ROM eksternal.
  • Port PS/2, Port ini berfungsi untuk berbagai peralatan standar PS/2. Misalnya Keyboard dan mouse PS/2.
  • Port VGA, Port ini berfungsi untuk piranti output. Misalnya Monitor CRT LCD infocus.
  • Port USB, Port ini befungsi untuk berbagai peralatan USB (Universial Serial Bus). Misalnya Mouse USB, keyboard USB, dan flash disk.
  • Port Audio, Port ini berfungsi untuk berbagai peralatan audio. misalnya Pengeras suara, speaker, dan line in.
  • Port RJ- 45 atau Ethernet, Port ini befungsi untuk kabel jaringan. Misalnya Kabel UTP/ STP.
  • Port Fire Wire, Port ini berfungsi untuk menghubungkan perangkat FireWire. Misalnya Digital video.
  • Port SCSI, Port ini berfungsi untuk menghubungkan perangkat SCSI. Misalnya Printer, hard disk, tape backup.
Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Related Posts:

Perangkat Internal Komputer

Perangkat Internal Komputer ~ Perangkat keras yang menjadi “otak komputer” disebut CPU (Central Processing Unit). CPU ada di dalam kotak atau casing komputer dan umumnya hanya dapat dilihat jika kamu membuka casing-nya. Jika kamu menggunakan casing komputer yang tembus pandang, kamu dapat melihat CPU tanpa harus membuka casing.

CPU dan beberapa komponen lainnya dapat dijumpai pada sebuah papan induk (mainboard) atau motherboard. Masih ingatkah teman-teman dengan komputer yang pertama dibuat? Bandingkan ukuran komputer tersebut dengan ukuran motherboard PC.

Pada motherbord, ada jalur-jalur tembaga yang menghubungkan setiap komponen. Motherboard diibaratkan seperti sebuah kota yang memiliki banyak bangunan. Adapun jalur-jalur tembaga bagaikan jalanjalan yang menghubungkan setiap bangunan. Jadi, ada banyak komponen yang dapat dijumpai pada sebuah motherboard. Beberapa komponen utama motherboard sebagai berikut.
  • CPU (Central Processing Unit) disebut juga prosesor.
  • RAM (Random Acces Memory) atau memori komputer.
  • BIOS (Basic Input Output System) atau ROM.
  • Chipset, sekumpulan chip yang memiliki fungsi khusus.
  • VGA card atau graphics card.
  • Expansion slot, sekumpulan slot yang digunakan untuk memasang perangkat tambahan.
Perangkat Internal Komputer
Motherboard dibuat oleh berbagai pabrik sehingga tipe dan bentuknya beraneka ragam. Umumnya sebuah komputer memerlukan perangkat tambahan yang disebut peripheral. Peripheral biasanya berupa piranti input atau output. Untuk menghubungkan peripheral dengan motherboard maka dibuatlah berbagai tipe port interface (antar muka). Umumnya, interface ini dapat dijumpai di belakang casing komputer.

Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Related Posts:

Tampilan Desktop, Panel dan Gnome Panel Pada Linux Ubuntu

Tampilan Desktop, Panel dan Gnome Panel Pada Linux Ubuntu ~ Cara mengoperasikan Linux Ubuntu tidak jauh berbeda dengan Windows XP. Jika pada Windows XP terdapat desktop, ikon-ikon, menu, tombol, dan taskbar maka di Ubuntu pun terdapat desktop, ikon-ikon, tombol, dan panel. Fungsi tombol-tombol mouse pada Ubuntu tidak berbeda dengan Windows. Ubuntu mengenal klik tunggal, klik ganda, drag & drop, dan klik kanan.

Tentu saja ada beberapa hal yang membedakan Windows dan Ubuntu. Secara umum, tampilan Ubuntu dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu desktop dan panel.

1. Desktop
Desktop Ubuntu menempati daerah yang paling luas. Area ini disebut sebagai workspace area.

2. Panel dan Gnome Panel
Panel pada Ubuntu terdapat pada bagian atas dan bagian bawah desktop. Pada panel atas terdapat bagian-bagian sebagai berikut.
  • Menu, Ada 3 buah menu yang tersedia pada linux Ubuntu, yaitu Applications, Places, dan System.
  • Application launcher, Application launcher merupakan tempat ikon-ikon aplikasi yang sering digunakan.
  • Notification Area, Notification area berisi daftar aplikasi yang aktif ketika komputer dinyalakan.
  • Applet, Applet merupakan kumpulan aplikasi penunjang.
Pada panel bawah terdapat bagian-bagian berikut.
  • Show Desktop Button, Show Desktop Button merupakan bagian untuk menampilkan atau menyembunyikan jendela aplikasi yang terdapat pada desktop.
  • Window list, Window list merupakan tempat tombol-tombol aplikasi yang sedang dibuka.
  • Workspace Switcher atau Pager, Workspace Switcher atau Pager merupakan bagian untuk pindah antarworkspace. Linux mendukung banyak workspace. Jika ada 2 buah workspace maka komputer seolah-olah memiliki 2 buah monitor.
  • Applet, Applet merupakan kumpulan aplikasi pelengkap. Saat ini hanya ada Trash pada Ubuntu yang fungsinya identik dengan Recycle bin pada Windows.
Jika pada Windows XP ada aplikasi bernama Windows Explorer maka pada Linux dapat kamu temukan aplikasi serupa bernama Nautilus. Nautilus disebut juga File Browser. Ada beberapa cara untuk menjalankan Nautilus. Salah satu caranya dengan meng-klik menu Places, kemudian pilih Home Folder.

Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Related Posts:

Cara Menampilkan Windows Explorer Pada Sistem Operasi Windows XP

Pada desktop komputer, tombol Start merupakan tombol yang sangat penting. Sebagian besar aplikasi Windows dapat ditemukan dengan meng-klik tombol Start. Jika tombol Start ditekan maka akan muncul Start menu. Pada Start menu teman-teman dapat melihat menu lain. Arahkan kursor pada All Programs lalu klik tombol kiri mouse. Amati menu yang muncul.

Ketika teman-teman membuka menu All Programs teman-teman akan menemukan menu-menu lainnya. Selanjutnya, bukalah sebuah aplikasi Windows Explorer. Langkah-langkah yang harus kamu lakukan adalah dengan meng-klik All Programs, pilih Accessories, kemudian pilih Windows Explorer.

Setelah teman-teman meng-klik ikon Windows Explorer maka pada dektop muncul jendela Windows Explorer. Windows Explorer terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian kiri folder list berisi daftar folder, drive, printer, dan computer network. Adapun bagian kanan berupa isi dari suatu folder, drive, printer, dan computer network. Pada bagian kanan inilah user dapat bekerja mengelola file dan folder.

Cara Menampilkan  Windows Explorer Pada Sistem Operasi Windows XP
Amati bagian jendela bagian kanan. teman-teman dapat melihat ada 3 buah tombol. Ketiga tombol tersebut, yaitu tombol minimize, maximize, dan close. Untuk memahami fungsi tomboltombol tersebut silakan klik setiap tombol untuk melihat.

Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Related Posts:

Cara Merubah Tampilan Desktop Windows XP

Kita dapat mengubah tampilan desktop sesuai dengan tampilan yang kamu inginkan. Misalkan, kamu akan mengubah wallpaper atau gambar latar belakang. Langkah yang dapat kamu lakukan adalah sebagai berikut. Arahkan kursor pada desktop. Kemudian, klik tombol kanan mouse dan tunggu hingga muncul menu. Kemudian, pilih menu Properties. Tunggu sampai jendela Display Properties muncul.

Selanjutnya, klik tab Desktop. Kemudian, arahkan kursor pada kotak Background. Kamu dapat melihat daftar nama-nama gambar yang dapat digunakan sebagai latar belakang (background) wallpaper. Pilihlah salah satu gambar yang kamu sukai. Untuk melihat hasilnya, klik tombol Apply. Perhatikan wallpaper desktop yang telah kamu ubah.

Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Related Posts:

Komponen-Komponen yang Ada Pada Taskbar Windows XP

Mungkin sekarang ini Windows XP tidak lagi didukung dengan pembaharuan dari Microsoft, itu disebabkan oleh adanya generasi baru dari Windows yaitu Windows 7 dan Windows 10. Akan tetapi masih banyak orang yang menggunakan Windows XP sebagai OS pada PC nya. Berikut ini akan dijellaskan secara singkat mengenai komponen-komponen yang ada pada taskbar Windows XP.

Dalam kondisi normal, taskbar terdapat pada bagian bawah desktop. Kamu bisa mengubah lokasinya dengan melakukan penggeseran taskbar. Taskbar Windows XP tersebut Komponen-komponen yang ada pada taskbar sebagai berikut.
  • Start button atau tombol Start, terletak di sebelah kiri.
  • Quick launch atau Shortcut Area, merupakan ikonikon aplikasi yang sering digunakan. Jika kursor mouse digeser ke atas. Pada ikon akan muncul nama aplikasi yang diwakili oleh ikon tersebut.
  • Open programs, berupa tombol-tombol aplikasi yang sedang dibuka.
  • Notification area, merupakan ikon-ikon aplikasi yang secara otomatis aktif pada saat Windows dinyalakan.
Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Related Posts:

Cara Mematikan Komputer

Cara Mematikan Komputer ~ Sekarang ini hampir semua orang mempunyai sebuah komputer dirumahnya, dan setidaknya satu orang mempunyai satu komputer jinjing atau laptop. Ada beberapa sumber penyebab kerusakan yang terjadi pada sebuah komputer, salah satunya adalah pada saat mematikan komputer itu sendiri.

Ada beberapa cara mematikan komputer. Pilihlah salah satu cara-cara yang dijelaskan. Cara yang di terangkan berikut berlaku untuk Windows XP.

1. Menggunakan Mouse
Kamu dapat melakukan cara-cara berikut untuk mematikan komputer dengan menggunakan mouse.
  • Gerakkan kursor mouse tepat pada tombol Start.
  • Tekan tombol kiri mouse (klik satu kali) pada tombol Start hingga muncul tampilan Start menu seperti pada gambar berikut.
  • Arahkan kursor ke tombol Turn Off Computer. Kemudian, klik tombol tersebut.
  • Selanjutnya, akan muncul kotak dialog. Untuk mematikan komputer klik tombol Turn Off.
  • Tunggu beberapa detik hingga komputer padam. Jika komputer Anda tidak padam secara otomatis, coba tekan tombol power yang ada pada casing komputer dan tunggu sekitar 7 detik hingga komputer padam.
  • Matikan monitor dan jika menggunakan stabilizer matikan stabilizer paling akhir. Kemudian, cabutlah kabel catu daya dari stop kontak.
Cara Mematikan Komputer
2. Menggunakan Keyboard
Kamu dapat menggunakan kombinasi tombol keyboard untuk mematikan komputer. Kombinasi tombol keyboard disebut shortcut atau jalan pintas. Salah satu shortcut yang dapat kamu coba sebagai berikut.
  • Gunakan keyboard dan tekan tombol Ctrl+Esc (tekan Ctrl dan tahan. Kemudian, tekan tombol Esc).
  • Gunakan tombol panah atas (≠) lalu pilihlah Turn Off Computer. Kemudian, tekan tombol Enter.
  • Tekan tombol Tab pilihlah Turn Off. Kemudian, tekan Enter.
Jika kamu menggunakan Linux Ubuntu, langkah yang dapat kamu lakukan sebagai berikut.
  • Gerakkan kursor mouse tepat pada tombol System. Kemu dian, pilih Quit. Selanjutnya, klik Shut Down.
  • Kamu juga dapat menggunakan cara lain, yaitu dengan menggerakkan kursor tepat pada tombol System. Klik tombol tersebut, lalu klik Shut Down.
Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Related Posts:

Keyboard dan Mouse Pada Komputer

Keyboard dan Mouse Pada Komputer ~ Pada umumnya pengguna komputer harus mengetikkan perintah-perintah atau instruksi dari keyboard. Instruksi yang sudah diketikkan hanya akan diproses setelah tombol Enter ditekan. Pada tahun 1972, perusahaan Xerox memulai sebuah riset yang kemudian menghasilkan komputer grafik pertama di dunia yang diberi nama Alto.

Alto tidak dibuat untuk keperluan komersial dan hanya dibuat dalam jumlah terbatas. Alto dapat dioperasikan menggunakan keyboard dan mouse. Jadi, mouse pertama kali digunakan pada komputr Alto buatan Xerox.

Komputer grafik komersial pertama di dunia dibuat oleh Apple Computer pada tahun 1984 dan diberi nama Macintosh. Sesungguhnya, Macintosh telah mengadopsi ide komputer Alto. Seperti halnya Alto, Macintosh juga menggunakan keyboard dan mouse. Keyboard dan mouse merupakan peralatan standar bagi setiap komputer grafik.

Keyboard mirip dengan mesin tik konvensional. Tombol pada keyboard lebih lengkap dan lebih mudah ditekan dibanding dengan tombol-tombol pada mesin tik. Mouse merupakan peralatan baru yang tidak dijumpai pada mesin tik konvensional. Mouse umumnya terdiri atas dua buah tombol, yaitu tombol kiri (left button) dan tombol kanan (right button).

Ada juga mouse yang memiliki tiga buah tombol, yaitu tombol kiri, tombol tengah, dan tombol kanan. Tombol tengah (midle button) biasanya digunakan oleh aplikasi atau program khusus. Namun, ada juga mouse yang memiliki hanya sebuah tombol, yaitu mouse yang digunakan pada komputer Macintosh. Bahkan Microsoft membuat mouse dengan 5 buah tombol.

Gambar : Keyboard dan Mouse Pada Komputer
Bagi mereka yang senang ber-Internet, tersedia mouse dua tombol yang disertai roda scroll. Fungsi roda ini untuk mempercepat perpindahan antarhalaman. Saat menggeser mouse, pada layar monitor akan tampak panah yang ikut bergerak. Inilah yang disebut kursor mouse atau mouse pointer. Kursor dapat bergerak ke seluruh area desktop.

Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Related Posts:

Sikap dan Posisi Duduk yang Benar dalam Mengunakan Komputer

Sikap dan Posisi Duduk yang Benar dalam Mengunakan Komputer ~ Pada saat menggunakan komputer, mungkin kamu pernah merasa sakit punggung, sakit leher, atau matamu terasa pedih. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan komputer. Gunakan meja dan kursi yang cocok dengan postur tubuhmu.

Posisi tubuh saat duduk di kursi harus nyaman. Hal tersebut untuk mencegah sakit punggung dan leher. Beristirahatlah sesaat setiap 1 jam dan gerakkan badan, lakukan peregangan, atau berjalan sesaat di sekitar ruang komputer. Usahakan minum air putih secukupnya supaya ginjal tetap sehat.

Jarak antara mata dan monitor tidak terlalu dekat dan juga tidak terlalu jauh. Jarak antara mata dengan layar komputer kira-kira sekitar 50 cm. Sebaiknya ujung atas layar monitor berada sedikit di bawah mata, kirakira membentuk sudut 20º–30º antara horison dan titik tengah layar monitor. Perhatikan gambar di samping.

Agar mata tidak cepat lelah kamu harus melakukan istirahat mata setiap 30 menit sekali. Caranya dengan melihat gambar di dinding, memandang ke luar jendela, atau menatap benda-benda lain yang agak jauh. Lakukan sekitar 1–2 menit. Kamu juga dapat mengistirahatkan mata dengan cara memejamkan mata selama beberapa detik.
Sikap dan Posisi Duduk yang Benar dalam Mengunakan Komputer
Untuk menghindari cedera pada tangan, kamu harus menghindari pemakaian keyboard yang tombolnya keras atau sudah rusak. Posisi jari-jari tangan saat menekan tombol tidak seluruhnya menempel atau menekan keyboard.

Pengoperasian komputer tidak hanya memerlukan keyboard. Kamu juga memerlukan peralatan lain salah satunya adalah mouse. Bentuk mouse bermacam-macam, namun umumnya mouse memiliki dua atau tiga buah tombol serta kabel yang terhubung ke komputer.

Pilihlah mouse yang tombol-tombolnya tidak terlalu keras agar jarimu tidak sakit ketika menekan tombol mouse. Letakkan mouse di sebelah kanan keyboard.

Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Related Posts:

Cara Menyalakan Komputer Dengan Aman

Cara Menyalakan Komputer Dengan Aman ~ Komputer memerlukan tegangan listrik yang stabil agar tidak mudah rusak. Jika tegangan listrik di rumahmu relatif stabil maka kamu tidak memerlukan penstabil tegangan atau stabilizer. Beberapa komputer menggunakan penstabil tegangan yang menjadi satu dengan motherboard (stabilizer internal). Jika kamu akan menggunakan komputer, kamu harus mengaktifkan komputer tersebut terlebih dahulu.

Tahapan mengaktifkan komputer secara aman sebagai berikut.

1. Perhatikan dengan saksama bagaimana kondisi kabel catu daya, stop kontak, dan stabilizer. Jika komputermu menggunakan stabilizer, pastikanlah kabel power (catu daya) dari komputer telah terhubung ke stabilizer. Kemudian, periksa kabel catu daya dari stabilizer apakah telah dihubungkan dengan stop kontak (listrik dari PLN).

2. Perhatikan monitor komputermu. Apakah monitor komputermu memiliki kabel catu daya yang terhubung ke komputer atau menggunakan kabel catu daya yang dapat langsung ditancapkan ke stop kontak? Pastikan kabel catu daya monitor telah terhubung dengan benar. Jika saat kamu menyalakan komputer monitor dalam keadaan menyala, sebaiknya dimatikan dulu. Usahakan monitor dalam keadaan padam ketika komputer dinyalakan. Hal tersebut untuk menghindari lonjakan daya listrik secara tiba-tiba.
3. Jika menggunakan stabilizer, carilah sakelar power (switch ON/OFF) lalu nyalakan. Biasanya lampu pada stabilizer akan menyala jika stabilizer dalam keadaan ON.

4. Carilah tombol power yang ada di bagian depan CPU. Pada casing komputer jenis ATX yang lebih baru, kamu dapat menyalakan komputer dengan hanya menyentuh tombol perlahan. Jika kamu meng gunakan casing komputer jenis AT, kamu harus menekan tombol lebih keras untuk menyalakan komputer. Amati apakah ada lampu kecil (LED) yang menyala? Umumnya komputer menyediakan lampu indikator yang menandakan komputer sedang menyala atau padam.

Cara Menyalakan Komputer Dengan Aman
5. Setelah komputer dinyalakan, tunggulah sekitar dua detik atau lebih. Kemudian, nyalakan monitor. Tekan sakelar ON/OFF pada monitor dan perhatikan apakah pada layar monitor muncul suatu tampilan. Ketika komputer dinyalakan, akan terjadi pengecekan berbagai perangkat komputer. Jika semua perangkat dalam keadaan baik maka komputer akan mencoba untuk menjalankan sistem operasi yang disimpan di hard disk. Biasanya akan muncul beberapa informasi di layar monitor. Tahapan ini disebut sebagai Bootstarp.

6. Komputer akan mencoba menjalankan sistem operasi tertentu. Kamu akan melihat berbagai pesan atau gambar-gambar grafik selama proses berlangsung. Apa yang ditampilkan sangat bergantung pada jenis sistem operasi yang sedang digunakan. Jika kamu menggunakan Sistem Operasi Windows XP maka terlihat tampilan logo Windows. Sistem operasi pada komputer sangat penting sehingga dapat diibaratkan sebagai kemudi pada sebuah mobil. Sistem operasi akan mengatur cara kerja komputer.

7. Setelah proses loading sistem operasi selesai maka kamu dapat melihat tampilan berwarna-warni yang disebut desktop. Desktop merupakan daerah yang meliputi seluruh layar monitor tempat berbagai komponen sistem operasi disimpan. Kamu dapat membayangkan desktop seperti sebuah meja yang dipenuhi alat-alat tulis.

Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010

Related Posts:

Macam-Macam Media Penyimpanan Komputer

Macam-Macam Media Penyimpanan Komputer ~ Penyimpanan data komputer, berasal dari bahasa Inggris "computer data storage" sering disebut sebagai memori komputer, merujuk kepada komponen komputer, perangkat komputer, dan media perekaman yang mempertahankan data digital yang digunakan untuk beberapa interval waktu. Penyimpanan data komputer menyediakan salah satu tiga fungsi inti dari komputer modern, yakni mempertahankan informasi (id.wikipedia.org).

Berikut ini macam-macam media penyimpanan komputer yang biasanya digunakan untuk menyimpan data yang memiliki sifat baca atau tulis pada komputer, yaitu :
  • Floppy disk atau disket, Merupakan media penyimpanan data yang kapasitasnya relatif kecil (sekitar 360 KB – 2,88 MB). Floppy disk bersifat removable dan readwrite atau rewriteable. Saat ini floppy disk mulai jarang digunakan.
  • Hard disk atau hard drive, Merupakan media penyimpanan data yang kapasitasnya relatif besar (di atas 1 GB). Hard disk umumnya bersifat nonremoveable dan rewriteable. Ada jenis hard disk yang dapat dibawa ke mana-mana, yaitu hard disk eksternal.
  • CD ROM dan CD RW, Merupakan media penyimpanan data yang kapasitasnya sekitar 650 MB. CD ROM bersifat removable dan hanya dapat ditulis sekali. Adapun CD RW dapat dihapus dan ditulis ulang beberapa kali.
  • DVD ROM, DVD dan RW, DVD ROM mirip dengan CD ROM. Namun, kapasitasnya sekitar 4,7 GB, 7,95 GB, 8,75 GB, dan 15,9 GB. DVD ROM bersifat removable dan hanya dapat ditulis sekali. Adapun data pada DVD RW dapat dihapus dan ditulis ulang beberapa kali.
  • Flash disk, Media penyimpanan yang bersifat removable dan rewritable. Kapasitas flash disk jauh lebih besar dibandingkan floppy disk, yaitu mulai 500 MB hingga di atas 2 GB. Ukuran flash disk kecil sehingga mudah dibawa ke mana-mana.
  • SD Card, SD Card mirip dengan flash disk. Bentuknya pipih dan banyak digunakan pada kamera digital.
Macam-Macam Media Penyimpanan Komputer
Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010

Related Posts:

Contoh Piranti Input dan Piranti Output

Contoh Piranti Input dan Piranti Output ~ Peranti masukan dalam bahasa inggris disebut input device adalah semua perangkat keras komputer yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal kendali untuk suatu sistem pemrosesan informasi, misalnya komputer. (id.wikipedia.org). Berikut ini beberapa contoh piranti input yang biasanya terdapat pada sebuah komputer, yaitu :
  • Keyboard atau papan bidai, Digunakan untuk memasukkan data berupa angka, huruf, dan simbol.
  • Mouse, Digunakan untuk mengendalikan kursor pada sistem operasi grafik.
  • Joystick, Berfungsi sebagai pengatur gerakan. Joystick banyak digunakan pada permainan komputer.
  • Scanner, Digunakan untuk menerima input berupa scan gambar dan teks.
Peranti keluaran yang dalam bahasa Inggris disebut output device adalah peranti yang dapat menampilkan hasil pengolahan, hasil pemasukan data atau perintah pada komputer. Berdasarkan hasil keluarannya peranti keluaran dapat digolongkan menjadi Softcopy dan Hardcopy (id.wikipedia.org).

pasteyourlinkinhere.blogspot.com
Berikut ini beberapa contoh piranti output beserta fungsinya mesing-masing yang biasanya terdapat pada sebuah komputer, yaitu :
  • Monitor atau screen, Bentuk dan fungsinya mirip televisi. Monitor dapat menampilkan output berupa data teks, gambar (grafik), dan video.
  • Printer, Digunakan untuk mencetak informasi teks dan grafik. Hasil cetakan (print-out) dapat dituangkan pada selembar kertas atau media lain, seperti plastik, kulit, dan kain.
  • Speaker, Digunakan untuk menghasilkan output berupa suara, musik, atau audio.
Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010

Related Posts:

Mengenal Komputer

Mengenal Komputer ~ Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang memiliki ciri-ciri antara lain Dapat menerima data atau instruksi (input), Memiliki unit memori kerja (working storage), untuk menampung instruksi-instruksi yang akan diproses, Dapat memproses data secara aritmatika dan logika (process), Dapat menghasilkan sesuatu dari data yang sudah diproses (output), dan Dapat menyimpan hasil proses (permanent storage) dan hasil penyimpanan dapat digunakan kembali.
Sebuah komputer modern sekurang-kurangnya memiliki dua buah piranti (peralatan) input, yaitu keyboard dan mouse. Komputer yang lebih canggih dilengkapi dengan joystick, scanner, kamera digital, digitizer, dan piranti lain. Piranti tambahan ini disebut peripheral.

Piranti output sekurang-kurangnya terdiri atas sebuah layar monitor atau screen. Kamu dapat melihat hasil pemprosesan informasi di layar monitor.

Selain piranti input dan output, komputer juga memiliki piranti penyimpan data. Ada dua jenis piranti penyimpan data, yaitu removable storage dan nonremovable storage. Piranti nonremovable storage, biasanya berada di dalam komputer. Piranti ini bersifat tetap atau tidak dapat dibawabawa. Contoh removable storage adalah hard disk internal, RAM, dan ROM komputer.

Adapun piranti removable storage dapat dibawa kemana-mana. Piranti ini biasanya memerlukan suatu alat tertentu yang disebut drive. Contoh removable storage adalah floppy disk drive untuk floppy disk dan DVD atau CD drive untuk DVD/CD ROM. Besaran yang digunakan untuk menyatakan ukuran kapasitas data pada media penyimpan disebut byte (B).

Satuan lain untuk menyimpan kapasitas data, yaitu KB (Kilobyte), MB (Megabyte), GB (Gigabyte) dan seterusnya. Jangan tertukar dengan istilah bit. Bit atau binary digit berbeda dengan byte. 1 byte setara dengan 8 bit. 10 byte setara dengan 80 bit. Bit biasanya digunakan untuk menyatakan kecepatan transfer data.

Ada berbagai jenis media penyimpanan, seperti CD DVD ROM, hard disk, floppy disk, tape, flash disk, dan ROM. Kapasitas penyimpanan data setiap media berbedabeda. Mulai dari beberapa ratus kilo byte sampai mencapai ratusan gigabyte. Berdasarkan sifat baca atau tulis suatu media penyimpanan dikenal istilah read only, read write, dan write once read many.

Ada media penyimpanan yang dapat dibaca dan ditulis berkali-kali (read-write atau rewritable), ada yang hanya bisa ditulis sekali saja (write once read many). Bahkan ada media penyimpanan yang hanya bisa dibaca saja (read only).

Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010

Related Posts:

Penjelasan Mengenai Virus Komputer

Penjelasan Mengenai Virus Komputer ~ Virus komputer adalah program komputer yang dapat menggandakan dirinya sendiri. Sebuah virus akan menempel pada file induk sebagai sarana penyebarannya. Kadangkadang, virus dapat merusak file induknya. Pembuat virus sengaja menciptakan program yang dapat merusak.

Walaupun virus komputer tidak semuanya merusak, namun kehadirannya tidak diharapkan. Virus dapat menyebabkan media penyimpanan, seperti floppy disk, hard disk, pita magnetik, dan media lain menjadi penuh. Hal ini dapat membuat komputer bekerja secara tidak wajar.

Virus komputer dapat menyebar melalui jaringan komputer, seperti jaringan Internet, kemudian menyelinap ke setiap komputer yang terhubung Internet. Virus yang menyebar tanpa bergantung atau menempel pada file induk disebut worm. Efek penyebaran virus melalui jaringan Internet ternyata sangat dahsyat. Virus dapat menyebar ke seluruh dunia secara tidak terkendali. Kerugian materi yang diakibatkan oleh virus diduga sudah mencapai miliaran dolar.

Saat ini sudah ada jenis virus yang menyebar melalui jaringan seluler. Korbannya adalah pengguna telepon genggam atau PDA jenis tertentu. Sudah banyak pengguna telepon genggam yang merasa dirugikan penyebaran virus.

Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Related Posts:

Mengenal Komputer Digital, Analog dan Hibrid

Mengenal Komputer Digital, Analog dan Hibrid ~ Berdasarkan jenis instruksi dan cara mengolah informasi maka komputer dapat dibagi menjadi tiga, yaitu Komputer digital, Komputer analog, dan Komputer hibrid. Semua komputer digital bekerja dengan cara memanipulasi listrik yang diwakilkan dalam bentuk bilangan biner (binary). Sistem bilangan biner terdiri atas bilangan 1 dan 0. Bilangan 1 digunakan untuk mewakili kondisi on (logika 1 atau TRUE) dan bilangan 0 mewakili kondisi off (logika 0 atau FALSE).

Jika komputer digital bekerja dengan cara mengolah sinyal listrik on/off (nyala/padam) maka komputer analog bekerja dengan cara mengolah sinyal listrik secara terusmenerus. Dengan demikian, komputer analog cocok digunakan sebagai alat penghitung suhu, tekanan udara, denyut nadi/jantung, dan informasi lain yang bersifat terusmenerus. Komputer analog tidak menggunakan sistem bilangan biner.

Komputer hibrid merupakan gabungan komputer analog dan digital. Ada hal-hal tertentu yang lebih cepat dan lebih akurat diselesaikan oleh komputer analog. Oleh karena itu, komputer digital perlu dipadukan dengan komputer analog.

Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010

Related Posts:

Tipe-Tipe Monitor Komputer yang Telah Dikenal

Tipe-Tipe Monitor Komputer yang Telah Dikenal ~ Monitor komputer merupakan salah satu yang tidak dapat dipisahkan dari komponen-komponen dari sebuah komputer, monitor juga merupakan salah satu jenis soft-copy device, karena dapat mengeluarkan berupa gambar yang tampil di layar monitor.

Seperti yang dikutip dari id.wikipedia.org, Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor.

Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat). Tipe-tipe monitor yang sudah dikenal adalah sebagai berikut :

1. CGA (Color Graphic Adapter)
Tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan empat warna dalam mode grafis.

2. EGA (Enhanced Graphic Adapter)
EGA merupakan tipr monitor yang tingkatannya diatas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dan satu mode grafis.

3. EPGA (Enchanced Proffesional Graphic Adapter)
Monitor ini mampu menampilkan 256 warna pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA.

Tipe-Tipe Monitor Komputer yang Telah Dikenal
4. VGA (Visual Graphic Adapter)
VGA merupakan tipe monitor yang sekarang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunyai warna sampai jutaan. Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata.

5. LCD (Liquid Crystal Display)
LCD dikenal sebagai monitor flat atau latar data dengan resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul dan diapit oleh dua elektode yang transparan.

Related Posts:

Dampak Negatif Perkembangan dan Penerapan IPTEK Bagi Lingkungan Hidup

Dampak Negatif Perkembangan dan Penerapan IPTEK Bagi Lingkungan Hidup ~ Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan pesatnya dalam beberapa tahun terakhir ini, pengembangan-pengembangan dan penerapan-penerapan teknologi bertujuan untuk mempermudah hidup manusia serta untuk membangun peradaban yang maju. Pada negara-negara yang mempunyai ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi, pasti negara tersebut maju.

Dalam perkembangan dan penerapan IPTEK itu sendiri mempunyai mempunyai banyak sekali dampak negatif yang dihasilkannya, salah satunya yaitu pada bidang lingkungan hidup. Misalnya yang sering kita dengar yaitu uji coba-uji coba teknologi militer termasuk nuklir yang dilakukan pada laut lepas yang akan merusak ekosistem dikawasan tersebut.

Berikut ini dampak-dampak negatif dari perkembangan dan penerapan IPTEK bagi lingkungan hidup, yaitu : Lahan pertanian, perkebunan, peternakan, dan kehutanan semakin sempit, karena dibangun banyak perumahan; Rusaknya lingkungan alam, karena dibangunnya industri dan pabrik; Terjadinya banjir dan erosi, karena penebangan hutan yang tidak terkendali; Untuk pemenuhan kebutuhan primer dan sekundernya, manusia mengeksploitasi alam; Pemupukan yang berlebihan mengakibatkan pencemaran tanah; Penyemprotan hama dan serangga dengan obat-obatan (pestisida), menyebabkan makhluk hidup yang lain juga terekna racun. Hewan pemangsa hama dan serangga (predator) banyak yang terbunuh.

Dampak negatif selanjutnya yaitu : Pestisida yang mengandung racun tahan lama dapat menyebar kedalam rantai makanan dalam ekosistemnya, sehingga mempengaruhi mata rantai mkhluk hidup yang memakannya; terjadinya pencemaran udara, misalnya akibat pembakaran hutan yang menghasilkan gas karbon dioksida (CO2) dan karbon monoksida (CO); Terjadinya pencemaran air dari pembuangan limbah-limbah industri; Terjadinya pencemaran udara dari asap-asap industri, mobil, dan kendaraan bermotor; Terjadinya pencemaran tanah dan bau dari sampah-sampah industri serta rumah tangga.

Related Posts:

Dampak Positif Perkembangan dan Penerapan IPTEK Bagi Lingkungan Hidup

Dampak Positif Perkembangan dan Penerapan IPTEK Bagi Lingkungan Hidup ~ Selain dampak negatif, Perkembangan dan penerapan IPTEK bagi lingkungan hidup juga mempunyai dampak positif bagi lingkungan hidup. Banyak teknologi-teknologi yang dibuat telah mempermudah manusia untuk menjaga lingkungan hidupnya.

Salah satu contohnya yaitu akhir-akhir ini manusia sudah memulai untuk mengembangkan teknologi ramah lingkungan seperti bahan bakar nabati serta mobil yang bertenaga listrik, itu semua merupakan hasil dari teknologi yang dapat tetap menjaga lingkungan dari kerusakan.

Berikut ini beberapa dampak positif dari perkembangan dan penerapan IPTEK bagi lingkungan hidup jika dilihat dari bidang pertanian, yaitu : Bertambahnya tanaman varietas baru dan unggul; peningkatan hasil produksi pertanian; Adanya ekspor hasil hutan, perikanan, perkebunan, dan peternakan; Dikenal dan dipakainya alat-alat pertanian modern; Dikenalnya sistem pemupukan dan obat-obatan hama; Pemberantasan hama dengan pesawat terbang (di perkebunan).

Related Posts:

Jenis-Jenis Memori Komputer

Jenis-Jenis Memori Komputer ~ Memori merupakan sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi dan dapat dibaca atau diambil kembali pada saat diperlukan. Memory sangat penting untuk sistem berbasis mikroprosessor, mikrokontroller dan PC. Berikut ini beberapa jenis-jenis memory yang biasanya digunakan dan terdapat pada komputer.

CMOS (Compmentary Meta-Oxyde Semiconduktor)
CMOS adalah jenis cip yang memerlukan daya listrik dari betrai. Cip ini berisi memori 64-byte yang isinya dapat diganti.

ROM (Read Only Memory)
ROM adalah perangkat keras pada komputer yang berupa chip memori semikondukstor yang isinya hanya dapat dibaca, jenis memori ini datanya hanya bisa dibaca dan tidak bisa ditulis secara berulang-ulang.

RAM (Random Access Memory)
RAM adalah jenis memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer dihidupkan dan sebagai suatu penyimpanan data yang dapat dibaca atau ditulis dan dapat dilakukan secara berulang-ulang dengan data yang berbeda-beda.

Cache Memory
Cache memory adalah memori berkapasitas terbatas, memori ini berkecepatan tinggi dan lebih mahal dibandingkan dengan memory utama.

Related Posts:

Jenis-Jenis Keyboard yang Pernah Ada

Jenis-Jenis Keyboard yang Pernah Ada ~ Keyboard merupakan salah satu perlengkapan yang biasanya ada pada komputer. Keyboard ini terdiri dari susunan tombol-tombol huruf, nomor, dan perintah lainnya yang memungkinkan kita dapat mengetik dengan baik. Dari data yang ada, terdapat tiga jenis keyboard yang pernah dibuat. Semua jenis dari keyboard ini dibedakan pada tata letak atau susunan dari tombol-tombolnya. Berikut ini ketiga jenis keyboard yang pernah ada.

1. Keyboard Qwerty


Keyboard qwerty merupakan salah satu jenis keyboard yang menggunakan tata letak tombol-tombol yang agak tidak beraturan. Tata letak tombol qwerty ini pertama kali digunakan oleh E. Remington pada sebuah mesin tik buatannya pada tahun 1874. Menurut id.wikipedia.org nama QWERTY tersebut didapat karena tombol-tombol huruf Q, W, E, R, T, dan Y berada secara berurutan seperti terlihat dalam baris paling atas dari papan ketik (yaitu yang dipakai pada kebanyakan keyboard komputer saat ini).

2. Keyboard Dvorak


Keyboard dvorak hampi sama dengan qwerty akan tetapi berbeda urutan tombol-tombolnya, keyboard ini diancang untuk menggantikan jenis tombol keyboard qwerty akan tetapi sepertinya tidak berhasil. Menururt en.wikipedia.org, pembuat Dvorak mengklaim bahwa tata letak Dvorak membuat menggunakan jari gerak kurang, meningkatkan tingkat mengetik, dan mengurangi kesalahan dibandingkan dengan keyboard QWERTY standar. Penurunan dalam jarak jangkauan jari diklaim memungkinkan tingkat mengetik lebih cepat sekaligus mengurangi cedera regangan berulang meskipun ini perlu dipertanyakan.

3. Keyboard Klockenberg


Keyboard ini merupakan keyboard yang mempunyai bentuk susunan tombol yang agak beda dengan jenis keyboard lainnya, sepertinya jika kita melihat bentuknya saja pasti akan sulit bagi kita menggunakannya untuk mengetik walaupun tujuan dari pembuatan keyboard ini adalah untuk menyempurnakan lagi jenis keyboard yang sudah ada.

Menururt imranzulmi.blogspot.com, Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman.

Related Posts:

Jenis-Jenis Penyimpanan Magnetic

Jenis-Jenis Penyimpanan Magnetic ~ Penyimpanan Magnetic atau Magnetic disk merupakan  cara untuk penyimpanan data dengan menggunakan piranti sekunder yang berbentuk cakram dan terbuat dari logam atau pelastik, penyimpanan magnetic ini yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer modern. Cara kerja dari penyimpanan magnetic ini adalah Pada saat disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Ada sebuah read−write head yang ditempatkan di atas permukaan piringan tersebut. Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sektor. Cakram fixed−head memiliki satu head untuk tiap−tiap track, sedangkan cakram moving−head (atau sering dikenal dengan nama cakram keras ) hanya memiliki satu head yang harus dipindah−pindahkan untuk mengakses dari satu track ke track yang lainnya. Berikut ini bberapa contoh penyimpanan magnetic komputer yang biasa kita lihat sehari-hari.

1. Harddisk drive (HDD)
Alat ini merupakan tempat menyimpan data pada CPU. Jika hardisk dibuka, maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. Kecepatan putarannya bervariasi. Ada yang 5400 putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit. Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. Besarnya bervariasi, ada yang 1,2 Gigabyte (GB) hingga 500 GB.

2. Floppy disk
Disket merupakan salah satu jenis penyimpanan data yang sudah mulai menghilang dari pasaran karena tergusur oleh mode penyimpanan lain yang lebih modern, disket merupakan memory menyimpanan yang terdiri dari satu buah platter dan dilindungi oleh penutup berbentuk kotak tipis. Untuk membaca atau menulis pada sebuah disket kita perlu membutuhkan Floppy disk drive. Cara kerja floppy disk hampir sama dengan harddisk. Plat bundar berisi data dalam disket akan diputar oleh motor dalam floopy disk drive. Sebuah magnet akan membaca atau menulis data pada disket itu.

Jenis-Jenis Penyimpanan Magnetic
3. CD dan DVD
Dulunya CD atau DVD hanya dapat digunakan untuk membaca data dan tidak dapat digunakan untuk menyimpan data, Namun saat ini, ada alat serupa yang dapat digunakan untuk menulis / menyimpan data ke sebuah CD. Namanya CD/DVD-RW (CD/DVD Read and Write atau CD/DVD baca dan tulis). Cara kerja CD/DVD-ROM maupun CD/DVD-RW sama dengan cara kerja harddisk atau floppy disk drive. Bedanya, bagian yang diputar adalah kepingan CD/DVD.

Related Posts:

Pengertian dan Penjelasan Mengenai FTP dan Usenet

FTP singkatan dari File Transfer Protocol. Protokol ini digunakan untuk mentransfer file. Banyak server memberikan akses anonymous kepada masyarakat internet. Untuk menggunakan layanan ini, kita perlu log in sebagai anonymous dan memberikan email address kita sebagai password. Banyak server menempatkan file-file dalam direktori pub. Dengan browser, yang kita perlu lakukan adalah klik pada file dan kita akan ditanya apakah kita ingin menyimpannya.

Internet News atau News juga dikenal sebagai Usenet. Usenet adalah suatu forum umum yang besar dimana orang dapat mengirimkan pesan dan dapat dibaca secara worldwide. Orang dapat melakukan aksi atau memberikan komentar tentang suatu hal, Sehingga menjadi suatu forum diskusi. Ada ribuan forum diskusi yang disebut sebagai Newsgroup. Beberapa Newsgroup mempunyai moderator dan beberapa tidak.

Karena banyak orang dapat mengirimkan apa saja, maka artikel bisa informatif atau sampah. Sebelum zamannya WWW, usenet adalah media yang paling populer dimana orang dapat saling berkomunikasi dan mendapatkan informasi satu sama lainnya. Contohnya newsgroup antara lain : comps.osms-windows.apps.misc, comp.os.ms-windows.apps.utilities.win95, rec.humor dan soc.culture.indonesia. Kita dapat menggunakan newsgroup reader yang populer seperti WinVN untuk membaca artikel. (sumber : Buku Sejarah, Cempaka Putih)

Related Posts:

Anatomi Alamat Email

Alamat email terdiri atas dua bagian yang dipisahkan dengan tanda axon (@). Misalnya alamat : tomita@bdg.centrin.net.id. Disebelah sebelah kiri @ disebut user name (tomita), yang menunjuk pada identitas si pemilik alamat email. User name bisa merupakan nama sipemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun jga. User name juga menjadi nama bagi emailbox yang dimiliki seseorang disebuah mail server.

Disebelah kanan @ dg.centrin.net.id) disebut domain name, yang menunjukkan identitas mail server dimana seorang uer memiliki emailbox domain name biasanya menunjukkan nama perusahaan atau organisasi pemilik sebuah account.

Misalnya : liputan6@sctv.co.id (crew acara Liputan 6 di SCTV), kompas@kompas.com (Surat Kabar Harian Kompas). Selain itu, dari bagian paling belakang sebuah email kita bisa memperoleh beberapa dugaan mengenai pemiliknya : .com (dibaca : dot com), biasanya dimiliki oleh perusahaan komersial atau usaha bisnis lainnya.

.edu biasanya menunjukkan bahwa pemiliknya adalah sebuah sebuah universitas atau institusi pendidikan, seperti bumas@maranatha.edu; .gov dimiliki oleh instansi pemerintah, .mil dimiliki instansi militer. agi email server yang letaknya di luar Amerika, sering alamat emailnya dberi identitas sesua dengan nama negaanya. Sebagai contoh id (Indonesia), au (Australia), uk (United Kingdom), ca (Canada), nz (New Zealand), dan sebagainya.

Related Posts:

Cara Kerja Email

Sama halnya dengan surat biasa (snail mail) yang harus melewati beberapa kantor pos sebelum sampai ke tujuannya, sebuah email yang berasal dari sebuah komputer masuk ke beberapa komputer lain disepanjang jaringan internet. Komputer-komputer itu disebut dengan email server. Ketika email tersebut sampai ke server yang kita tuju (seperti yang ditunjuk pada alamat email), email tersebut disimpan pada sebuah emailbox.

Si pemilik alamat email baru bisa mendapatkan email itu kalau yang bersangkutan mengecek emailbox-nya. Jadi, tidak benar untuk bisa menerima email komputer kta harus terhubung terus-menerus denganinternet.

Untuk bisa menerima email kita harus memiliki sebuah accoun pda suatu email server, yang tentu berada pada sebuah ISP (Internet Service Provider). Ini sama dengan bila kta memiliki alamat rumah kita. Hanya bedanya, bila pada snail mail kita hanya bisa menerima surat manakala kita berada di alamat kita, sedangkan pada email, kita bisa menerimanya dimana saja kita berada.

Misalnya saya bisa mengecek email-email yang datang ke alamat email saya muhammadmalik444@gmail.com ketika saya sedang berada di Bali atau di Amerika sekalipun, dan tidak hrus dibuka di tempat asal saya. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Hal itu bisa dilakukan karena bila kita bisa mengontak sebuah email server dimana kita punya account emal, maka kita bisa mengambil atau mendownload semua email yang ditujukan kepada alamat email yang kita miliki. Untuk itu kita mesti memperhatikan protokol penerimaan dan pengiriman email.

Cara Kerja Email
Protokol disini maksudnya adalah sebuah prosedur standar untuk mengatur transmisi data diantara komputer-komputer. Untuk pengiriman, protokolnya adalah SMPT (singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol), untuk penerimaan, protokolnya adalah POP (Post Office Protocol). Setiap email server memiliki SMPT dan POP yang berbeda-beda. Apabila kita bisa menguasai cara mengontak SMPT dan POP dari lokasi yang berbeda, sebenarnya ini bisa mengatasi masalah kepemilikan komputer dan koneksi internet.

Bila kita tidak memiliki sendiri komputer dan koneksi internet, kita masih bisa mendownload email yang ditujukan kepada alamat email kita. Alternatif untuk itu misalnya : (sumber : Buku Sejarah, Cempaka Putih)
  • Menggunakan email client yang mampu menangani lebih dari satu account (multiple account) bisa saja kita memakai komputer teman atau komputer kampus.
  • Mendownload email di cybercafe atau rental-rental komputer yang kini bertebaran dimana-mana.

Related Posts:

Pengertian dan Penjelasan Singkat Mengenai E-mail

E-mail atau Email adalah singkatan dari electronic mail (surat elektronik). Dengan e-mail, kita dapat mengirimkan pesan ke orang lain dan mereka dapat membalas e-mail kita kembali. E-mail bekerja seperti surat biasa; kita juga butuh alamat seseorang, kantor pos, dan pesan kita. Sebuah alamat e-mail biasanya ditukis dalam bentuk username@domain.name (username at domain dot name).

Sebuah kantor pos adalah server yang mengatur atau melanjutkan e-mail kita ke alamat yang ditentukan. Server juga menampung e-mail ketika mereka datang, sehingga tidak perlu log on terus-menerus. Jika kita log on ke penyedia jasa internet (Internet Service Provider/ISP) dan kita mempunyai software e-mail, software melihat apakah kita mempunyai e-mail baru.

Jika ada, e-mail kita akan ditransfer ke komputer kita. Jika kita mau, kita dapat memtuskan koneksi dan mebaca e-mail kita secara offline. (sumber : buku sejarah, cempaka putih)

Related Posts:

Pengertian dan Sejarah Singkat Dari WWW (World Wide Web)

World Wide Web atau disingkat WWW merupakan fenomena pada tahun 90-an. WWW adalah sebuah subsite dari sebuah internet yang menghubungkan sumber-sumber informasi yang berisi teks, grafik, suara, dan bahkan video. Situs ini untuk multimedia yang ber-flatform independen.

Artinya bahwa sesuai dengan teori, semua komputer dapat mengakses informasi ini. Web pages adalah suatu media elektronik dimana suatu data bisa disajikan; Web browser adalah bagian dari software adalah bagian dari software yang digunakan untuk mengakes data tersebut.

WWW berdasarkan pada HTML (Hypertext ark-up Language), sebuah bahasa scrip yang memungkinkan dokumen, graphics, dan multimedia digabungkan bersama. WWW ditemukan pada tahun 1993 oleh Tim Berners-Lee bersama CERN, Laboratorium Eropa untuk Particle Physics di Geneva. HTML juga memberikan tampilan menarik pada sebuah dokumen, karena dokumen ini dapat diperkaya dengan warna, font, dan graphic.

Pengertian dan Sejarah Singkat Dari WWW (World Wide Web)
WWW juga user friendly karena berdasarkan hyperlinks. Sumber inernet yang tadinya hanya dapat diakses oleh pengguna komputer yang mahir, sekarang dapat diakses oleh semua orang. Dengan klik pada sebuah hyperlink, seorang pengelana web dapat mengunjungi dari satu dokumen ke dokumen lainnya, dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Sekarang dunia seperti dapat diklik dengan jari telunjuk saja. Bersama dengan HTML, terminologi home page diperkenalkan. Situs yang mengandung informasi dapat dilihat sebagai buku, dan file sebagai halaman. Dengan menggunakan referensi disebuah buku, kita dapat mengambil buku lain dan browse halaman. (sumber : buku sejarah, cempaka putih)

Related Posts:

Pengertian Dari Internet

Internet biasanya diartikan sebagai kumpulan jaringan komputer yang berhubungan satu sama lain melalui jaringan telepon dengan protokol atau aturan tertentu. Beberapa dari komputer berasal dari sebuah Local Area Network (LAN), seperti komputer di perkantoran. Jika kantor mempunyai akses ke internet, maka komputer dalam LAN bisa menjadi bagian dari internet pula.

LAN tersebut dapat disebut sebagai sebuah node. Jika sebuah komputer di LAN dapat dihubungi dengan komputer lain yang terhubung dengan internet, maka komputer tersebut disebut sebagai sebuah site. Internet juga bisa diartikan sebagai sebuah jaringan komputer yang besar dengan sumber yang tersebar.

Di dalam internet terdapat berbagai fasilitas yang memiliki fungsi ang berbeda-beda, diantaranya adalah Web, E-mail, FTP, dan News atau Usenet. (sumber : buku sejarah, cempaka putih)

Related Posts: