Cara Penggunaan Fungsi Min Pada Microsoft Excel 2003 dan 2007

Cara Penggunaan Fungsi Min Pada Microsoft Excel 2003 dan 2007 ~ Assalamualaikum wr. wb. dan selamat pagi untuk para pengunjung blog Tutorial Microsoft Office. pada kesempatan kali ini saya akan berbagi lagi mengenai cara penggunaan fungsi Min pada Microsoft Excel 2003 dan 2007. Fungsi (function) dalam Microsoft Excel 2003 maupun 2007 merupakan rumus siap pakai yang dapat digunakan sebagai alat untuk membantu proses perhitungan.

Dalam Microsoft Excel 2003 maupun Microsoft Excel 2007 terdapat banyak fungsi yang dapat digunakan, diantaranya yaitu fungsi Sum, Average, Count, Max, dan Min. Akan tetapi pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai fungsi Min saja, fungsi-fungsi lainnya aan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Setelah pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai fungsi Sum, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang fungsi Min. Fungsi Min dalam microsoft Excel 2003 maupun 2007 digunakan untuk mencari nilai terkecil dari sekumpulan data, Jadi dengan menggunakan fungsi Min ini kita akan dapat mengetahui nilai mana yang paling kecil dari beberapa nilai yang ada.

Untuk cara penggunaan fungsi Min pada Microsoft Office Excel 2003 maupun 2007 caranya sangatlah mudah dan pasti teman-teman semua sudah mengetahui caranya. Untuk langkah pertama, silahkan teman-teman menyediakan kumpulan data yang di acak nilainya. Sebagai contoh perhatikan gambar berikut.


Setelah itu ketik rumus Fungsi Min pada cell yang kosong, rumusnya yaitu =min(B4:H5). B4 menunjukkan pada awal data yaitu kolom B baris 4, sedangkan H5 menunjukkan pada akhir data yaitu kolom H baris 5. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berkut.


Setelah itu teka enter dan lihat hasilnya, jadi nilai terkecil dari data tersebut yaitu 14. Untuk membuktikannya silahkan teman-teman mencari nilai yang lebih kecil dari 14 yang ada pada kolom tersebut.


Untuk lebih jelas lagi dalam penggunaan fungsi Min pada office excel, sebaiknya teman-teman melihat video turorialnya berikut ini.


Itu dia cara untuk menggunakan fungsi Min pada Microsoft Office Excel 2003 maupun 2007, jika teman-teman ingin mengajukan pertanyaan mengenai artikel ini silahkan menuliskannya pada kotak komentar yang telah tersedia. Sekian dulu artikel saya pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini dan artikel lainnya yang ada pada blog ini dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian.

Related Posts:

Cara Penggunaan Fungsi Sum Pada Microsoft Excel 2003 dan 2007

Cara Penggunaan Fungsi Sum Pada Microsoft Excel 2003 dan 2007 ~ Assalamualaikum wr. wb. selamat pagi pengunjung blog Tutorial Microsoft Office, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman sekalian mengenai cara penggunaan fungsi sum pada microsoft excel 2003 dan 2007. Pasti teman-teman semua telah mengetahui caranya sebab fungsi sum sudah umum digunakan oleh orang dalam menghitung pada excel 2003 maupun 2007.

Fungsi (function) adalah rumus siap pakai yang dapat digunakan sebagai alat untuk membantu proses perhitungan. Dalam Microsoft Excel 2003 maupun Microsoft Excel 2007 terdapat banyak fungsi yang dapat digunakan diantaranya yaitu fungsi Sum, Average, Count, Max, dan Min. Nah pada artikel ini kita akan membahas fungsi Sum saja, adapaun untuk fungsi-fungsi lainnya akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Cara untuk menggunakan fungsi Sum pada Microsoft Excel 2003 maupun 2007 sangatlah mudah, fungsi sum merupakan funsi untuk mencari jumlah total dari sekumpulan data yang ada, Jadi fungsi ini sama dengan penjumlahan. Berikut langkah-langkah dalam penggunaan fungsi Sum pada excel, pertama-tama tentukan data yang akan dihitung jumlahnya, sebagai contoh perhatikan gambar berikut.


Setelah itu ketik =sum(B4:H5) pada cell yang kosong. B4 merupakan awal data yang akan dihitung yaitu kolom B baris 4, sedangkan H5 merupakan akhir dari data yang akan dihitung yaitu kolom H baris 5. Perhatikan gambar berikut.


Selanjutnya tekan tombol Enter dan jumlah dari semua data yanga da pada kolom tersebut akan muncul, jumlahnya yaitu 759. untuk membuktikannya, teman-teman bisa menghitungnya lagi menggunakan kalkulator.


Untuk lebih jelas lagi dalam penggunaan fungsi sum pada microsoft excel, silahkan lihat videonya dibawah ini.


Nah gmana teman, mudah bukan caranya, saya yakin teman-teman semua pasti bisa mempraktekkannya di rumah. Sekian dulu artikel saya kali ini, semoga atikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar jika teman-teman ingin bertanya atau lainnya. nantikan juga artikel-artikel kami selanjutnya. Wassalam...

Related Posts:

Cara Kerja Stavolt (Stabilizer Voltage)

Cara Kerja Stavolt (Stabilizer Voltage) ~ Stavolt atau stabilizer voltage merupakan sebuah alat pelengkap atau tambahan pada komputer yang befungsi untuk menjaga atau menstabilkan aliran listrik yang kadang-kadang tidak stabil. Dengan adanya alat ini maka kita akan menjaga komputer kita dari keruskan akibat aliran atau tegangan listrik yang terkadang naik dan turun.

Bagaimana sebuah stavolt itu bekerja? Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa tegangan listrik di Indonesia adalah 220 volt, sementara kebanyakan alat elektronik yang ada di Indonesia termasuk komputer bertegangan 230 volt. Seringkali juga aliran listrik di Indonesia tidak begitu stabil atau tegangan listrik sering naik dan turun bahkan bisa mati tiba-tiba, makanya banyak alat elektronik yang cepat rusak jika terjadi hal yang demikian.

Seperti fungsinya, stavolt bekerja dengan cara menstabilkan aliran listrik yang tiba-tiba naik dan tiba-tiba turun. Jika tegangan listrik tersebut naik maka stavolt akan menurunkannya dan jika tegangan listrik turun maka stavolt akan menaikkannya. Akan tetapi stavolt ini mempunyai kekurangan yaitu jika listrik tiba-tiba padam maka stvolt atau aliran listrik pada alat elektronik tersebut akan padam juga.

Related Posts:

Pengertian Stavolt (Stabilizer Voltage)

Pengertian Stavolt (Stabilizer Voltage) ~ Jika teman-teman mempunyai komputer dirumah, sebaiknya komputer teman-teman dilengkapi dengan Stavolt atau stabilizer voltage untuk menjaga komponen komputer yang terdapat di dalam CPU teman-teman tidak rusak. Kebanyakan CPU bertegangan 230 volt, sementara tegangan listrik di Indonesia 220 volt, jika CPU teman-teman bertegangan 230 volt dan tidak menggunakan stavolt saat menyalakannya maka CPU teman-teman akan cepat rusak atau bisa saja langsung rusak.

Stavolt atau stabilizer voltage merupakan sebuah alat pelengkap atau tambahan pada komputer yang befungsi untuk menjaga atau menstabilkan aliran listrik yang kadang-kadang tidak stabil. Dengan adanya alat ini maka kita akan menjaga komputer kita dari keruskan akibat aliran atau tegangan listrik yang terkadang naik dan turun.

Stavolt bukan hanya digunakan pada komputer, akan tetapi banyak orang yang menggunakannya pada alat-alat listrik lainnya agar tidak cepat rusak saat aliran listrik tidak stabil, seperti mesin cuci, kulkas, mesin fotocopy dan lain-lain.

Related Posts:

Perangkat Lunak Yang Digunakan Untuk Mengakses Internet

Perangkat lunak yang harus disiapkan untuk mengakses internet bermacammacam sesuai dengan fungsinya. Jika teman-teman menggunakan sistem operasi Windows, beberapa perangkat lunak untuk akses internet sudah langsung terinstal di komputer.

Perangkat lunak yang sudah tersedia seperti Internet Explorer untuk aplikasi browsing dan Outlook Express untuk aplikasi e-mail. Tetapi jika ingin menggunakan aplikasi lain, maka kalian harus menginstalnya sendiri. Berikut ini adalah berbagai perangkat lunak yang digunakan untuk akses internet sesuai dengan fungsinya.

1. Perangkat Lunak Browser
Perangkat lunak yang paling penting adalah browser. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuka suatu halaman web yang berisikan teks, gambar, atau multimedia (gambar dan suara). Beberapa perangkat lunak browser yang sering digunakan adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Opera.

2. Perangkat Lunak Chatting
Untuk melakukan komunikasi lewat internet, kalian membutuhkan suatu perangkat lunak chatting. Dengan perangkat lunak ini, kalian bisa berkomunikasi dengan siapapun yang ada di belahan bumi ini dengan pesan teks, suara, dan bahkan gambar berupa video. Beberapa perangkat lunak chatting yang sering digunakan adalah mIRC, Yahoo Messenger, MSN Messenger, dan ICQ.

3. Perangkat Lunak FTP
Dengan perangkat lunak ini, pemakai internet dapat mengirimkan (upload) dan mengambil (download) file dari komputer lain yang tersambung ke internet. Beberapa perangkat lunak FTP yang sering digunakan adalah WS-FTP, Go!Zilla, dan Cute-FTP.

4. Perangkat Lunak E-mail
Perangkat lunak ini memungkinkan seseorang mengirim dan menerima surat melalui Internet. Tidak hanya berupa pesan teks, tetapi bisa juga mengirimkan tulisan indah dan gambar dalam waktu singkat (kurang dari 1 menit). Selain itu pengirim juga dapat menyertakan lampiran (attachment) berupa file atau grafik atau apa saja. Beberapa perangkat lunak e-mail yang sering digunakan adalah Eudora, Netscape Messenger, dan Microsoft mail (Outlook Express).

Daftar Pustaka : Teknologi Informasi dan Komunikasi/Adi Setyawan, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Related Posts:

Perangkat Keras Yang Digunakan Untuk Mengakses Internet

Pernahkah teman-teman mengakses Internet? saya yakin pasti teman-teman yang melihat artikel ini sedang mengakses internet. Sekarang ini mengakses internet sudah menjadi sebuah kebutuhan yang jika ditinggalkan maka akan terasa sesuatu yang kurang. Banyak perangkat yang dapat digunakan untuk mengakses internet, diantaranya yaitu komputer, modem, saluran telpon, handphone dan wifi.

Perangkat-perangkat tadi itu disebut dengan perangkat keras yang dapat digunakan untuk mengakses internet.

1. Komputer
Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengakses internet. Spesifikasi komputer (personal komputer, laptop, notebook, atau netbook) yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet.

Semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya. Perangkat keras komputer biasa disingkat menjadi IPOS (Input Process Output Storage) yang berarti perangkat input, proses, output, dan penyimpanan.

2. Modem
Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi (digital) ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan. Sedangkan demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.

Secara singkatnya, modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telepon melalui modem. Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjadi tiga jenis, yaitu Modem Dial-up, Modem Kabel dan Modem ADSL.

3. Saluran Telepon
Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan saluran telepon ini juga diikuti dengan penggunaan modem dial-up. Selain saluran telepon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel, maka modem yang dipakai adalah modem kabel.

4. Handphone
Dengan menggunakan handphone yang bisa digunakan sebagai modem, kalian dapat langsung terhubung ke internet tanpa harus menggunakan saluran telepon. Handphone yang digunakan harus mendukung teknologi WAP, GPRS, EDGE, 3G, atau 3,5G, serta sebuah SIM card dari operator selular penyedia layanan teknologi tersebut. Untuk menghubungkan handphone ke komputer dapat digunakan kabel data, infra merah, atau bluetooth.

5. WiFi (Wireless Fidelity)
WiFi (Wireless Fidelity) merupakan teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk transmisi data. Untuk menggunakan teknologi ini, kalian harus menggunakan sebuah komputer, laptop, notebook, netbook, PDA, ataupun handphone yang sudah disematkan perangkat WiFi di dalamnya (biasanya berupa kartu).

Sedangkan untuk personal komputer yang belum terdapat perangkat WiFi di dalamnya dapat menggunakan perangkat WiFi eksternal berupa WiFi router. Tentunya untuk dapat terhubung ke internet, kita harus berada pada wilayah jangkauan sinyal WiFi yang disebut dengan hotspot.

Daftar Pustaka : Teknologi Informasi dan Komunikasi/Adi Setyawan, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Related Posts:

Rumus (formula) dan Fungsi (function) Pada Microsoft Excel

Rumus (formula) dan Fungsi (function) Pada Microsoft Excel ~ Dalam Microsoft Excel 2003 maupun Microsoft Excel 2007, teman-teman dapat mempergunakan rumus dan fungsi untuk melakukan proses pengolahan angka. Apakah yang dimaksud rumus dan fungsi pada Microsoft Excel 2003 maupun Microsoft Excel 2007 ? Bagaimanakah cara menggunakan rumus dan fungsi tersebut? Ayo cermati uraian berikut ini agar teman-teman memahaminya.

Rumus (formula) adalah salah satu bentuk perhitungan yang dibuat secara manual dengan tujuan tertentu, misalnya menjumlahkan, mengurangkan, membagi, dan mengalikan. Sebelum menggunakan rumus pada Microsoft Excel 2003 maupun Microsoft Excel 2007, teman-teman perlu mengetahui terlebih dahulu tentang penggunaan operator yang sering digunakan, seperti berikut ini:
  • Perpangkatan (^).
  • Perkalian (*).
  • Pembagian (/).
  • Penambahan (+).
  • Pengurangan (–).
Pada lembar kerja Microsoft Excel 2003 maupun Microsoft Excel 2007, operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat dilakukan dengan cara menuliskan alamat sel dari angka yang akan dioperasikan.

Fungsi (function) adalah rumus siap pakai yang dapat digunakan sebagai alat untuk membantu proses perhitungan. Dalam Microsoft Excel 2003 maupun Microsoft Excel 2007 terdapat banyak fungsi yang dapat digunakan, tetapi dalam buku ini hanya akan dibahas fungsi Sum, Average, Count, Max, dan Min. Penjelasan dari fungsi-fungsi tersebut adalah sebagai berikut:
  • Sum: mencari jumlah dari sekumpulan data.
  • Average: mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data.
  • Count: mencari banyaknya data yang terdapat pada suatu range.
  • Max: mencari nilai terbesar dari sekumpulan data.
  • Min: mencari nilai terkecil dari sekumpulan data.
Sumber : Satelit TIK Teknologi Informasi dan Komunikasi : untuk siswa SMP/MTs kelas VIII / Novyan Siswanto, Akfen Efendi ; editor, Budiarto. Jakarta : Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Related Posts:

Jenis-Jenis E-Mail yang Banyak Digunakan

E-mail merupakan salah satu layanan internet yang sangat populer. E-mail adalah singkatan dari electronic mail yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan surat elektronik. Melalui e-mail ini, para pemakai internet dapat berkomunikasi, mengirim gambar, berita, atau data berupa file sebagai lampiran tanpa menggunakan kertas. Kalian dapat pula menerima berita secara rutin dari grup diskusi (mailinglist) yang sebelumnya teman-teman telah mendaftar.

Ada tiga jenis e-mail yang digunakan saat ini, yaitu POP mail, Web Based E-mail, dan E-mail Forwarding. Berikut adalah penjelasan mengenai ketiga jenis e-mail tersebut.

1. POP mail
POP mail adalah e-mail yang diterima dari Internet Service Provider (ISP) langganan. POP mail memiliki kelebihan yaitu E-mail dapat dibaca secara offline (tidak tersambung ke internet); Seluruh e-mail dapat di-download dari server alamat e-mail untuk dibaca secara offline; Dapat menghemat biaya akses internet, karena e-mail dibaca secara offline; dan Penulisan surat balasan dapat dibuat secara offline menggunakan e-mail client seperti Eudora atau Microsoft Outlook Express.

Kemudian untuk mengirimkannya, hubungkan kembali komputer ke internet, lalu tekan Send. Sedangkan kekurangan dari POP mail ini adalah E-mail tidak dapat dibuka di sembarang tempat atau komputer, karena perlu pengaturan ulang.

2. Web Based E-mail
Web Based E-mail adalah e-mail yang diakses melalui halaman web. E-mail jenis ini ditawarkan oleh situs-situs penyedia layanan e-mail seperti Yahoo, Google, Hotmail, Plasa, dan lain-lain. Kelebihan dari Web Based E-mail yaitu E-mail ini dapat diperoleh secara gratis; E-mail dapat dibaca dari komputer manapun; dan E-mail dapat dibuka dari browser manapun.

Sedangkan kekurangan dari Web Based E-mail yaitu E-mail hanya dapat dibaca secara online (terhubung ke internet); dan Membutuhkan biaya akses internet yang lebih besar.

3. E-mail Forwarding
E-mail Forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterima kepadanya ke alamat e-mail lain. Kelebihannya yaitu E-mail ini bermanfaat bagi orang yang suka mengganti alamat e-mail; Dapat menyembunyikan alamat e-mail saat mengirim e-mail; dan Tidak perlu memberitahu alamat e-mail yang baru, hanya memberikan alamat e-mail forwarding-nya saja.

Kekurangannya yaitu Karena bersifat sebagai perantara, e-mail ini membutuhkan waktu lebih lama untuk sampai ke alamat e-mail yang sesungguhnya.

Related Posts:

Perangkat Lunak Yang Biasanya Digunakan Untuk Mengakses Internet

Perangkat lunak yang harus disiapkan untuk mengakses internet bermacam-macam sesuai dengan fungsinya. Jika kalian menggunakan sistem operasi Windows, beberapa perangkat lunak untuk akses internet sudah langsung terinstal di komputer. Perangkat lunak yang sudah tersedia seperti Internet Explorer untuk aplikasi browsing dan Outlook Express untuk aplikasi e-mail.

Tetapi jika ingin menggunakan aplikasi lain, maka kalian harus menginstalnya sendiri. Berikut ini adalah berbagai perangkat lunak yang digunakan untuk akses internet sesuai dengan fungsinya.

1. Perangkat Lunak Browser
Perangkat lunak yang paling penting adalah browser. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuka suatu halaman web yang berisikan teks, gambar, atau multimedia (gambar dan suara). Beberapa perangkat lunak browser yang sering digunakan adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Opera.

2. Perangkat Lunak Chatting
Untuk melakukan komunikasi lewat internet, kalian membutuhkan suatu perangkat lunak chatting. Dengan perangkat lunak ini, kalian bisa berkomunikasi dengan siapapun yang ada di belahan bumi ini dengan pesan teks, suara, dan bahkan gambar berupa video. Beberapa perangkat lunak chatting yang sering digunakan adalah mIRC, Yahoo Messenger, MSN Messenger, dan ICQ.

3. Perangkat Lunak FTP
Dengan perangkat lunak ini, pemakai internet dapat mengirimkan (upload) dan mengambil (download) file dari komputer lain yang tersambung ke internet. Beberapa perangkat lunak FTP yang sering digunakan adalah WS-FTP, Go!Zilla, dan Cute-FTP.

4. Perangkat Lunak E-mail
Perangkat lunak ini memungkinkan seseorang mengirim dan menerima surat melalui Internet. Tidak hanya berupa pesan teks, tetapi bisa juga mengirimkan tulisan indah dan gambar dalam waktu singkat (kurang dari 1 menit). Selain itu pengirim juga dapat menyertakan lampiran (attachment) berupa file atau grafik atau apa saja. Beberapa perangkat lunak e-mail yang sering digunakan adalah Eudora, Netscape Messenger, dan Microsoft mail (Outlook Express).

Selain perangkat lunak di atas, saat ini ada berbagai perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membantu kita saat menggunakan internet. Contohnya adalah Internet Download Manager, Flash Get, atau Download Accelerator Plus yang digunakan untuk men-download file-file di internet. Perangkat lunak tersebut memungkinkan kita men-download file dengan waktu yang lebih cepat.

Daftar Pustaka : (BSE) Satelit TIK Teknologi Informasi dan Komunikasi : untuk siswa SMP/MTs kelas VIII / Novyan Siswanto, Akfen Efendi. Jakarta : Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Related Posts:

Fasilitas-Fasilitas Pada Microsoft Word 2003

Fasilitas-Fasilitas Pada Microsoft Word 2003 ~ Microsoft office word 2003 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang mengalami banyak perubahan dan perbaikan pada berbagai segi sehingga lebih fleksibel digunakan dan menyediakan fasilitas penuh terhadap akses internet dari setiap program aplikasinya (tentang internet akan kamu pelajari di kelas IX).

Microsoft office 2003 sering disebut Word 2003, yang memiliki kemampuan dalam membuat tabel, menyisipkan program lain ke program ini, dan fasilitas-fasilitas lainnya sehingga Word 2003 disebut-sebut sebagai program aplikasi mutakhir saat ini. Agar kamu lebih mengenal Microsoft Word 2003, berikut ini fasilitasfasilitas yang ada di dalamnya.

Clip Art
Kamu dapat menggunakan gambar-gambar bawaan dari program aplikasi Microsoft Word 2003 melalui fasilitas Clip Art. Berikut ini adalah contoh gambar yang ada di Microsoft Word 2003.

Word Art
Word Art dapat digunakan untuk membuat bentuk dan model huruf artistik. Berikut ini adalah contoh model huruf artistik dalam Microsoft Word 2003.

Drawing
Untuk membuat bagan, gambar, denah, diagram, dan sebagainya pada Microsoft Word 2003, kamu dapat menggunakan fasilitas Drawing. Berikut ini contoh yang dapat dibuat di Microsoft Word 2003.

Word 2003 [Image by guideinformaticagratis.it],
Math Equation
Math Equation digunakan untuk menulis lambang dan rumus-rumus matematika. Berikut ini contohnya.

Diagram (Chart)
Untuk membuat grafik pada Microsoft Word 2003, kamu dapat menggunakan fungsi Chart. Berikut ini adalah contoh grafik yang dapat dibuat di Microsoft Word 2003.

Sumber : Satelit TIK Teknologi Informasi dan Komunikasi : untuk siswa SMP/MTs kelas VIII / Novyan Siswanto, Akfen Efendi ; editor, Budiarto.--Jakarta : Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Related Posts:

Cara Meng-copy Folder Pada Windows XP

Assalamualaikum wr. wb. pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman mengenai salah satu cara yang pasti semua orang mengetahuinya yaitu cara untuk meng-copy folder pada windows XP. Mungkin teman-teman sudah mengetahui cara ini, akan tetapi tidak ada salahnya jika saya berbagi kepada teman-teman yang belum mengetahuinya dan baru belajar mengoperasikan komputer khsusunya yang bersistem operasi Windows XP.

Cara ini sangat sering digunakan oleh orang-orang untuk menggandakan sebuah file atau folder yang terdapat di dalam komputer, hal ini untuk menghindari file atau folder tersebut hilang atau terhapus secara tidak sengaja. Dengan meng-copy atau menggandakan file atau folder tersebut kita dapat takut lagi akan hilangnya folder atau file tersebut.

Untuk tutorial cara meng-copy folder pada windows xp ini caranya sangatlah mudah, caranya tidak jauh berbeda dengan cara memindahkan folder atau file. Berikut ini langkah-langkah untuk meng-copy folder atau file. Pertama-tama Sorotlah folder yang akan teman-teman copy, setelah itu klik Edit, kemudian pilih Copy. Perhatikan gambar berikut.


Sorot drive yang akan teman-teman gunakan untuk memindahkan folder. Misalkan, drive C: atau D:. Perhatikan gambar berikut.


Klik Edit, kemudian pilih Paste. Teman-teman dapat melihat dua buah folder Latihan baru. Pertama ada di drive C:\Tampung dan di drive D:\.

Sekian artikel saya pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pengunjung semua khususnya bagi teman-teman yang sedang belajar untuk mengoperasikan komputer dan dapat berguna pula untuk saya sendiri. Nantikan terus artikel-artikel berguna dari kami. Wassalam.

Related Posts:

Cara Menghapus dan Undelete Folder

Cara Menghapus dan Undelete Folder ~ Menghapus folder merupakan pekerjaan yang sangat mudah. Namun, kamu harus berhati-hati dalam menghapus folder. Jangan sampai kamu menghapus folder yang seharusnya tidak kamu hapus. Agar kamu dapat menghapus folder dengan tepat, perhatikan langkah-langkah berikut.
  • Sorot folder yang akan kamu hapus. Misalkan, kamu akan menghapus folder Tampung.
  • Tekan tombol Delete pada keyboard. Selanjutnya, akan muncul kotak dialog yang meminta persetujuanmu untuk menghapus folder atau tidak, tekan Yes.
Jika kamu tidak sengaja menghapus sebuah folder, kamu tidak perlu khawatir. Folder atau file yang sudah dihapus masih dapat dikembalikan (undelete). Folder atau file yang telah dihapus akan disimpan untuk semetara waktu di Recycle Bin. Kamu dapat menemukan Recycle Bin di desktop atau kamu bisa menggunakan Windows Explorer. Perhatikan langkah-langkah berikut.
  • Bukalah Recycle Bin dengan cara meng-klik Recycle Bin di desktop atau melalui Windows Explorer.
  • Setelah jendela Recycle Bin terbuka, perhatikan apakah kamu dapat melihat nama folder yang baru saja dihapus? Misalkan folder yang baru kamu hapus adalah Tampung.
  • Sorotlah folder Tampung lalu klik File. Kemudian, pilih Restore. Sekarang folder Tampung telah ber hasil di-undelete. Perhatikanlah hasilnya menggunakan Windows Explorer.
Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Related Posts:

Jenis-Jenis Printer

Jenis-Jenis Printer ~ Dokumen yang sudah kamu buat dapat dicetak pada sehelai kertas. Alat yang digunakan untuk mencetak dokumen dari komputer disebut printer. Printer termasuk ke dalam piranti output. Berdasarkan teknologi yang digunakan, printer dapat dibedakan menjadi 2, yaitu Impact Printer dan NonImpact Printer.

1. Impact Printer
Impact printer merupakan printer yang membentuk karakter dengan menyentuh pita tinta hingga ke kertas. Macam-macam Impact printer yaitu Dot matrix printer, Daisy wheel printer, dan Line printer.

2. Non–Impact Printer
Non impact printer merupakan printer yang proses pencetakannya menyentuh langsung kertas. Printer yang termasuk Non impact printer yaitu Inkjet, bubble jet printer (printer yang menyemburkan tinta), Solid ink printer, Laser printer (printer yang menggunakan laser) dan Thermal printer (printer yang membakar dot ke kertas khusus).

Saat ini, jenis printer ink jet paling banyak digunakan oleh pemakai komputer di rumah. Selain harganya terjangkau, kualitas cetakannya relatif baik. Printer inkjet dapat mencetak dengan cepat dan mendukung pencetakan hitam putih maupun warna. Adapun jenis printer dot matrix atau laser lebih banyak digunakan di kantor-kantor.

Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Related Posts:

Mengenal Sistem File

Mengenal Sistem File ~ Media storage digunakan untuk menyimpan file dan folder. Jika media storage dapat dianalogikan seperti sebuah lemari maka file identik dengan berkas dokumen dan folder identik dengan laci lemari. Sistem operasi akan mengatur penyimpanan file dan folder pada media storage. Cara ini akan memudahkan pencarian dan lebih menjamin keamanan.

Teknik penyimpanan file pada media storage disebut sistem file (file system). Ada beberapa pengertian sistem file. Pada buku ini, sistem file dapat diartikan sebagai organisasi file dan direktori pada media storage, sistem file meliputi hal-hal berikut.
  • Penentuan nama drive atau media storage.
  • Pengaturan lokasi penyimpanan file.
  • Penentuan atribut file.
  • Pengaturan panjang nama file.
  • Mengatur security file.
  • Penentuan batas maksimal kapasitas media storage.
Setiap sistem operasi menggunakan format sistem file yang berbeda dengan sistem operasi lain. Sebagai contoh, format sistem file milik Windows bernama File Alocation Table (FAT16, FAT32) dan New Technology File System (NTFS). Adapun Linux menggunakan sistem file bernama Extended File Systems (ext, ext2, dan ext3). Windows menamai media storage menggunakan abjad, seperti A:, B:, C:, dan seterusnya hingga Z:. Biasanya, drive A: dan B: digunakan oleh floppy disk drive. Adapun hard disk, CD/DVD ROM drive, dan media lainnya diberi nama mulai C:, D:, dan seterusnya hingga Z:.

Berbeda dengan Windows, Linux menggunakan aturan yang berbeda. Linux tidak menggunakan abjad untuk nama media storage. Linux menggunakan device file atau file device seperti: /dev/cdrom, /dev/hda, /dev/sda, dan / dev/fdh.

Penamaan file pada Windows tidak bersifat sensitif (case insensitive). Artinya, tidak membedakan pemakaian huruf besar dan huruf kecil. Sebagai contoh, file bernama BUKU.TXT sama saja dengan file buku.TXT atau Buku. txt atau BuKu.TxT. Adapun Linux bersifat case sensitive. Sebagai contoh, file bernama berkasku.doc akan dianggap berbeda dengan Berkasku.doc atau BERKASKU.DOC atau bERkasKU.doc. Hal ini berlaku pula untuk nama direktori.

Teman-teman  dapat membuat nama file dan folder sepanjang 256 karakter (huruf). Walaupun demikian, sebaiknya nama file atau folder tidak terlalu panjang. Hal tersebut akan menyulitkan orang yang membacanya. Jika kamu membuat file atau folder, kamu harus mengindari penggunaan karakter \ / : * ? " < > |.

Pada Windows, biasanya hard disk akan diberi nama C:. Apabila file Buku.txt disimpan di drive C maka Windows akan menulis C:\Buku.txt Simbol “:\” digunakan untuk memisahkan nama drive dengan nama file atau direktori. Inilah yang disebut path atau lokasi file. Jika file Buku.txt disimpan di drive C, dalam sebuah folder bernama Dokumen maka path-nya menjadi C:\Dokumen\Buku.txt. Simbol “\” digunakan untuk memisahkan folder dengan file atau folder dengan folder yang lain.

Agar kamu memahami apa yang telah dijelaskan, gunakan Windows Explorer untuk sistem file Windows. Klik tombol Start >> All Programs >> Accessories >> Windows Explorer.

Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Related Posts:

Mengenal Software Utilitas

Mengenal Software Utilitas ~ Software sistem dibuat untuk keperluan komputer atau mesin. Biasanya, software jenis ini tidak secara langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh pengguna komputer. Sistem software mengatur cara kerja komputer atau melakukan tugas khusus. Dengan demikian, pengguna dapat menyelesaikan masalah tertentu tanpa perlu mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh komputer.

Software utilitas kadang disebut service program, service routine, atau tool. Software utilities merupakan jenis software yang dibuat untuk meningkatkan dan melengkapi kemampuan sistem operasi. Utilitas dapat membantu mengelola hardware, melakukan sistem operasi, dan mengelola aplikasi. Utilitas saat ini telah disertakan bersama sistem operasi. Contoh utilitas sebagai berikut.
  1. Norton Speed Disk, merupakan contoh utilitas disk defragmenter yang digunakan untuk mengatur urutan penempatan file pada hard disk.
  2. AVG Anti Virus, merupakan utilitas virus scanner yang digunakan untuk mendeteksi dan mengobati filefile yang sudah terinfeksi virus komputer.
  3. WinRAR, merupakan contoh utilitas archive yang digunakan untuk keperluan kompresi/dekompresi (pemadatan) file.
Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Related Posts:

Mengenal Compiler dan Interpreter

Mengenal Compiler dan Interpreter ~ Compiler dan interpreter merupakan software yang digunakan untuk membuat program komputer. Orang yang membuat program komputer disebut programmer. Perbedaan antara compiler dan interpreter terletak pada hasil akhirnya. Compiler dapat menghasilkan file biner, sedangkan interpreter tidak dapat menghasilkan file biner.

Sejarah perjalanan bahasa pemprograman cukup panjang. Orang yang diakui sebagai programmer pertama dunia adalah seorang matematikawan wanita. Matematikawan tersebut bernama Agusta Ada Byron atau lebih dikenal dengan nama Ada Lovelace. Namanya kemudian diabadikan menjadi nama bahasa pemprograman ADA, yang dikembangkan oleh Pentagon.

Pada tahun 1975, Bill Gates bersama Paul Allen (pendiri Microsoft) berhasil menciptakan bahasa pemprograman BASIC untuk komputer mikro bernama MITS Altair. Bahasa BASIC kali pertama dibuat pada tahun 1963, oleh dua orang ahli matematika bernama John George Kemeny and Tom Kurtzas. Hingga kini bahasa BASIC masih disukai orang dan telah dikembangkan untuk Windows dengan nama Visual Basic.

Kedudukan bahasa pemprograman dan compiler sangatlah penting. Masih ingatkah kamu dengan program yang dibuat dengan menggunakan kartu berlubang? Perkembangan software tidak akan secepat seperti sekarang jika tidak ditemukan bahasa pemprograman dan compiler. Contoh compiler yang populer sebagai berikut.
  1. Turbo Pascal
  2. GNU C++
  3. Borland Delphi
  4. Visual Basic
Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Related Posts:

Mengenal Sistem Operasi Pada Komputer

Mengenal Sistem Operasi Pada Komputer ~ Software sistem dibuat untuk keperluan komputer atau mesin. Biasanya, software jenis ini tidak secara langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh pengguna komputer. Sistem software mengatur cara kerja komputer atau melakukan tugas khusus. Dengan demikian, pengguna dapat menyelesaikan masalah tertentu tanpa perlu mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh komputer.

Sistem operasi kadang disingkat sebagai OS atau O/S. Sistem Operasi merupakan software yang mengatur atau mengelola sumber daya komputer. Semua komputer memerlukan sistem operasi agar komputer tersebut dapat bekerja. Contoh sistem operasi sebagai berikut.
  • MS DOS, merupakan sistem operasi mode teks yang banyak digunakan pada komputer jenis lama.
  • OS/2, merupakan sistem operasi grafis yang di kembangkan oleh IBM.
  • Windows, merupakan sistem operasi grafis yang dibuat oleh Microsoft.
  • Linux, merupakan sistem operasi untuk server Internet yang bersifat open source.
Secara umum, sistem operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah sistem operasi berjalan dan sistem operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, scheduling task, dan antarmuka user.

Oleh karena itu, masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh sistem operasi. Bagian kode yang melakukan tugastugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu sistem operasi. Biasanya, istilah sistem operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall.

Sumber pustaka :
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi 1/Eko Supriyadi, Muslim Heri Kiswanto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Related Posts:

Mengenal Aplikasi Internet dan Aplikasi Editor Teks

Mengenal Aplikasi Internet dan Aplikasi Editor Teks ~ Aplikasi Internet merupakan jenis software yang digunakan untuk mengakses berbagai layanan Internet. Beberapa contoh layanan Internet yang populer, yaitu web, e-mail, chatting, dan FTP. Aplikasi Internet saat ini semakin populer dan semakin mudah digunakan. Contoh aplikasi Internet sebagai berikut.
  1. Internet Explorer, Internet exploler merupakan aplikasi Web browser yang digunakan untuk mengakses situs atau home page.
  2. Thunderbird, Thunderbird merupakan aplikasi e-mail client yang digunakan untuk mengirim dan membaca e-mail.
  3. mIRC, mIRC merupakan aplikasi chatting. Teman-teman dapat mengguna kan aplikasi ini untuk berkomunikasi dengan orang yang berada di luar negeri sekalipun. Selain mIRC Teman-teman juga dapat menggunakan aplikasi chatting Yahoo Mesenger untuk berkomunikasi dengan orang yang berbeda tempat denganmu.
Aplikasi editor teks adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk menghasilkan dokumen sederhana. Dalam istilah teknis, dokumen sederhana disebut file text atau plaintext. Teman-teman dapat menulis sesuatu, seperti menulis puisi, ide cerita, tugas-tugas, dan dokumen lainnya dengan menggunakan editor teks.

Namun, pada editor teks Teman-teman tidak dapat mengatur tata letak (layout), tidak dapat memasukkan gambar. Teman-teman juga tidak dapat membuat tabel-tabel seperti pada aplikasi pengolah kata. Editor teks memiliki banyak manfaat, terutama jika Teman-teman mengetik teks yang tidak memerlukan tata letak (layout).

Selain Notepad, ada editor teks lain yang disediakan oleh Windows. Editor teks tersebut adalah Wordpad. Wordpad merupakan editor teks yang lebih canggih dan lebih kaya fasilitas (rich) dibandingkan Notepad. Wordpad juga dapat menghasilkan file teks dan file dalam format lain yang disebut file RTF (Rich Text Format). Dokumen yang sudah dibuat dengan aplikasi Notepad dapat dibuka pada aplikasi Wordpad.

Sumber : Iwan Sofana,Epsi Budihardjo. 2010. (Buku Sekolah Elektronik) Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Related Posts: