Cara Membuat Mail Merge (Mailings) Dari Excel ke Word





Cara Membuat Mail Merge (Mailings) Dari Excel ke Word
Assalamualaikum wr. wb. dan selamat siang teman-teman dimanapun berada dan kebetulan membaca postingan ini. Pada kesempatan kali ini saya kembali berbagi sebuah tutorial yang mudah-mudahan tutorial ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Judul tutorial kali ini adalah cara membuat mail merge (mailings) dari Excel ke Word.


Membuat mail merge sangat bermanfaat jika teman-teman ingin mengeprint sebuah amplop, atau surat keputusan (SK), atau lainnya yang mempunyai banyak data sedangkan templatenya cuma satu. Nah, untuk membuat mail merge atau mailings dari Excel ke Word, pertama teman-teman membuat data base di Excel.

Caranya teman-teman buat list data berupa nama-nama yang akan dimasukkan kedalam Microsoft Word, jangan lupa untuk memasang judul kolom pada tabel tersebut. Kita bisa membuat data lain jika diperlukan, misalnya alamat atau lainnya. Setelah semua sudah dibuat, teman-teman simpan ditempat dan close Excel.



Setelah itu, teman-teman buka Microsoft Word dan buat sebuah format yang nantinya data yang ada di Excel akan kita masukkan ke format tersebut. Lebih baik lagi jika format atau templatenya sudah di sediakan sebelumnya. Setelah itu kita masuk ke bagian untuk menghubungkan Excel dan Word menggunakan Mailings.

Teman-teman masuk ke menu Mailings, kemudian pilih Select Recipients dan pilih Use Existing List. Kemudian akan muncul jendela baru Select Data Source, disitu teman-teman cari data Excel yang dibuat sebelumnya, setelah ditu teman-teman pilih Excel tersebut lalu pilih Open.

Setelah itu muncul lagi jendela baru, teman-teman pilih atau tentukan Sheet berapa dalam dokumen Excel tersebut yang teman-teman tempati data yang dibuat. Teman-teman pilih, misalnya di Sheet 1, kemudian klik OK. Nah setelah itu kita masuk ke bagian untuk memasukkan data tadi ke format atau template yang telah kita buat sebelumnya.



Caranya, teman-teman buka Insert Merge Field yang ada pada menu Mailings. Nah disitu akan muncul judul dari kolom data yang dibuat di Excel tadi, teman-teman tempatkan judul kolom tadi sesuai dengan letaknya.

Caranya, teman-teman tempatkan kursor pada bagian yang ingin teman-teman tempatkan data dari excel tadi, kemudian teman-teman klik judul kolom yang terdapat pada Insert Merge Field tadi. Pilih judul data kolom sesuai letaknya. Setelah itu, untuk melihat datanya, teman-teman klik Preview Results. Untuk memindahkan datanya, teman-teman bisa mengklik tanda panah ke kiri atau kekanan.

Nah, bagaimana teman-teman, mudah kan caranya? Itulah cara untuk membuat mail merge atau Mailings dari Excel ke Word. Jika teman-teman masih bingung mengenai penjelasan diatas, saya sarankan untuk melihat juga video tutorialnya yang telah saya persiapkan sebelumnya dibawah ini.









Tutorial Lainnya:

0 Response to "Cara Membuat Mail Merge (Mailings) Dari Excel ke Word"

Posting Komentar