Cara Supaya Nama Kolom Pada Tabel Bisa Terprint Pada Setiap Halaman di Microsoft Excel

Cara Supaya Nama Kolom Pada Tabel Bisa Terprint Pada Setiap Halaman di Microsoft Excel ~ Assalamualaikum wr. wb. dan selamat siang pengunjung blog Tutorial Microsoft Office dimana pun teman-teman dapat mengakses blog ini dan kebetulan membaca postingan yang sederhana ini. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman semua tentang bagaimana cara supaya nama kolom pada tabel bisa terprint pada setiap halaman di microsoft excel.

Mungkin teman-teman bingung dengan judul ini, maka dari itu saya jelaskan sedikit tentang tutorial kali ini. Biasanya pada saat kita mengeprint sebuah tabel di excel, apa lagi jika tabel yang kita print itu panjang dan akan menjadi beberapa halaman, selalunya nama dari setiap kolom yang kita print itu tidak ikut terprinnt disetiap halaman sehingga akan cukup sulit untuk mengetahui kolom apa ini.

Sehingga kita akan membuka lagi halaman awal untuk mengetahui namaa dari kolom tersebut yang sedang kita baca tersebut. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut di excel ternyata mempunyai fitur untuk mengeprint nama kolom sehingga nama kolom pada tabel yang panjang dapat terprint secara otomatis di setiap halaman.

Untuk membuatn nama kolom pada tabel bisa terprint pada setiap halaman di microsoft excel caranya cukup mudah, pertama-tama buka file excel yang berisi tabel yang akan di print. Setelah itu masuk ke menu PAGE LAYOUT, kemudian pilih PRINT TITLE yang terdapat dibagian Page Setup. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.


Kemudian akan muncul jendela baru Page Setup, klik tanda panah merah yang terdapat pada ROWS TO REPEAT AT TOP. Perhatikan gambar berikut ini.


Arahkan kursor pada bagian nama kolom dan klik. Setelah itu klik kembali tombol merah yang terdapat pada PAGE SETUP - ROWS TO REPEAT AT TOP, dan klik OK untuk menyimpan.



Untuk lebih jelas lagi tentang penjelasan diatas, saya rekomendasikan kepada teman-teman untuk melihat juga video tutorialnya berikut ini. Selamat menyaksikan. Sebelum itu, saya mengharapkan kepada teman-teman untuk mengklik tombol SUBSCRIBE dibawah ini untuk mendukung kami agar tetap berbagi video pengetahuan yang bermanfaat kepada teman-teman semua.





Untuk melihat hasilnya, masuk ke Print Preview atau bisa langsung mencetak tabel tersebut. Nah, bagaimana teman, mudah bukan caranya? Sekian dahulu postingan kali ini tentang bagaimana cara supaya nama kolom pada tabel bisa terprint pada setiap halaman di microsoft excel. Semoga tutorial kali ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai microsoft excel.

Related Posts:

Cara Merubah Tampilan Kursor di Windows 7

Assalamualaikum wr. wb. dan selamat siang menjelang sore kepada pengunjung blog Tutorial Microsoft Office dimanapun teman-teman dapat mengakses blog ini dan kebetulan membaca postingan ini. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman tentang bagaimana cara merubah tampilan kursor di Windows 7.

Pasti teman-teman sudah banyak yang mengetahui cara ini, akan tetapi tidak ada salahnya jika saya kembali mengangkat cara ini untuk saling mengingatkan supaya tidak lupa. Kursor biasanya dan kebanyakan berbentuk anak panah, akan tetapi kita dapat mengubah tampilan kursor tersebut dengan bentuk lainnya. Adapun caranya sangatlah mudah.

Pertama-tama masuk ke Control Panel, dengan cara klik tombol Start lalu pilih Control Panel. Kemudian setelah masuk ke Control Panel, pilih Appearance and Personalization. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.


Setelah itu pilih Personalization, seperti pada gambar berikut.


Nah, setelah masuk ke Personalization, teman-teman pilih Change Mouse Pointers yang terdapat disebelah kiri layar teman-teman. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.


Setelah teman-teman masuk ke Mouse Properties, pilih Pointers untuk merubah icon kursor Windows 7. Disitu teman-teman dapat memilih beberapa bentuk tampilan dari kursor di Scheme. Pilih bentuk kursor yang diinginkan, kemudian klik Ok untuk menyimpan dan merubah bentuk kursor yang diinginkan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut ini.


Teman-teman juga dapat menggunakan bentuk kursor selain dari bentuk kursor yang telah disediakan tadi diatas. Caranya ialah klik Browse di Pointers pada Mouse Properties, kemudian cari bentuk kursor yang ada dalam komputer teman-teman.


Setelah memilih bentuk kursor yang diinginkan, lalu teman-teman klik Open, kemudian klik Ok untuk menyimpan dan merubah bentuk kursor seperti yang telah ditentukan tadi.


Untuk lebih jelas lagi mengenai bagaimana cara merubah tampilan bentuk kursor di Windows 7, saya rekomendasikan teman-teman untuk melihat juga video tutorialnya berikut ini.Sebelum itu, saya mengharapkan kepada teman-teman untuk mengklik tombol SUBSCRIBE dibawah ini untuk mendukung kami agar tetap berbagi video pengetahuan yang bermanfaat kepada teman-teman semua.





Nah, sekarang bentuk kursor kita telah berubah dari yang awalnya berbentuk tanda panah sekarang berubah ke bentuk yang telah ditentukan. Bagaimana teman, mudah bukan caranya? Sekian dulu tutorial bagaimana cara merubah tampilan bentuk kursor di Windows 7, semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Terima kasih, Wassalam.

Related Posts:

Cara Menghilangkan Garis Batas Teks Pada Lembar Kerja Microsoft Office Word

Assalamualaikum wr. wb. dan selamat berjumpa kembali di Tutorial Microsoft Office. selamat siang saya ucapkan kepada teman-teman yang berkenan berkunjung ke blog ini dan kebetulan membaca postingan tutorial ini. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman tentang bagaimana cara untuk menghilangkan garis batas teks pada lembar kerja microsoft office word.

Text boundaries atau garis batas teks pada microsoft office word mempunyai fungsi yang dapat membantu kita dalam bekerja pada lembar kerja word. Salah satu fungsinya yaitu untuk membantu kita dalam melihat batas serta ukuran teks disebelah atas, bawah, dan pinggir. Penampakannya dapat teman-teman lihat pada gambar dibawah ini.


Akan tetapi ada sebagian orang yang merasa terganggu dengan adanya garis batas teks pada lembar kerja microsoft office word. Maka dari itu pada postingan tutorial kali ini saya akan memberikan cara bagaimana untuk menghilangkan garis tersebut. Adapun caranya sangatlah mudah.

Pertama-tama bukalah microsoft office word bisa yang versi 2007 maupun yang versi 2010, asal jangan membuka microsoft excel karena pada excel tidak ada garis batas teks. Kemudian masuk ke Word Options dengan cara jika menggunakan word 2007, klik office button dan pilih word options. Sedangkan jika menggunakan word 2010 klik file lalu pilih options. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.


Setelah masuk ke Word Option, pilih Advanced, kemudian cari tulisan Show Text Boundaries dan hilangkan centangnya. Kemudian klik OK dan lihat hasilnya. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.


Nah, secara otomatis garis batas teks pada lembar kerja word akan hilang, jika ingin memunculkannya kembali teman-teman tinggal masuk ke word option dan centang kebali show text boundaries nya. Penampakannya seperti pada gambar dibawah.


Untuk lebih jelas lagi mengenai cara menghilangkan garis batas teks di lembar kerja microsoft word, teman-teman dapat menyaksikan video tutorialnya yang telah saya unggah ke Youtube berikut ini. Selamat menyaksikan.

Sebelum itu, saya mengharapkan kepada teman-teman untuk mengklik tombol SUBSCRIBE dibawah ini untuk mendukung kami agar tetap berbagi video pengetahuan yang bermanfaat kepada teman-teman semua.




Nah itu dia tutorial kita pada kali ini, semoga postingan ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai Microsoft Office khususnya Microsoft Office Word. Jika teman-teman ada pertanyaan silahkan menuliskannya pada kotak komentar, sekian dan selamat mencoba.

Related Posts:

Cara Memotong atau Meng-Crop Gambar Menggunakan Microsoft Office Picture Manager

Assalamualaikum wr. wb. dan selamat pagi pengunjung blog tutorial microsoft office dimanapun teman-teman dapat mengakses blog ini dan membaca postingan ini. Pada kesempatan yang baik ini saya akan berbagi kepada teman-teman sebuah tutorial yang berhubungan dengan Office Picture Manager, yaitu bagaimana cara memotong atau meng-crop gambar menggunakan microsoft office picture manager.

Pada umumnya teman-teman pasti sering mengedit gambar atau foto dengan memotong atau meng-cropnya. Hal ini dilakukan karena beberapa alasan, diantaranya akrena ingin menghilangkan bagian gambar yang jelek ayau yang tidak diperlukan, ada juga yang beralasan untuk memotong gambar atau foto untuk memperjelas bagian yang ingin dilihat atau ditampilkan.

Nah, untuk memotong atau meng-crop gambar atau foto diperlukan software atau aplikasi pengedit gambar, saat ini banyak sekali software yang digunakan untuk membuka gambar sekaligus mengeditnya. Salah satunya ialah Microsoft Office Picture Manager, pada video berikut saya akan memperlihatkan bagaimana cara memotong gambar menggunakan aplikasi atau software ini.

Pertama-tama tentukan dahulu gambar atau foto yang akan kita potong atau crop, kemudian buka gambar tersebut menggunakan Microsoft Office Picture Manager. Sebagai contoh saya memilih gambar padang pasir serta sebagiannya ada tumbuhan dan langitnya. Perhatikan gambar berikut ini.


Saya akan memotong bagian gambar ini hingga menyisahkan bagian pasirnya saja pada gambar berikut. Caranya ialah klik "EDIT PICTURE" kemudian pilih "CROP".


Setelah itu teman-teman tinggal menggeser garis yang muncul pada sisi dan sudut gambar tersebut.


Setelah memotong gambar dan sudah sesuai dengan keinginan, klik "OK" untuk menyimpan potongan tadi.


Setelah itu simpan gambar dengan mengklik tombol "SAVE AS", simpan gambar tersebut di lokasi yang gampang atau mudah untuk didapat.


Untuk lebih jelas lagi mengenai tutorial diatas, ssaya rekomendasikan teman-teman untuk melihat pula video tutorialnya dibawah ini. Selamat menyaksikan.

Sebelum itu, saya mengharapkan kepada teman-teman untuk mengklik tombol SUBSCRIBE dibawah ini untuk mendukung kami agar tetap berbagi video pengetahuan yang bermanfaat kepada teman-teman semua.




Nah bagaimana teman, mudah bukan caranya? Sekian dulu postingan saya pada kesempatan kali ini tentang bagaimana Cara Memotong atau Meng-Crop Gambar Menggunakan Microsoft Office Picture Manager, semoga postingan ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan teman-teman sekalian. Nantikan terus postingan lainnya dari saya.

Related Posts: