Cara Ngeprint Dokumen di Notepad

Assalamualaikum wr. wb. dan selamat malam teman-teman semua, selamat datang kembali di blog tutorial microsoft office, blog yang berisi kumpulan tutorial-tutorial yang berhubungan dengan microsoft office dan tutorial lainnya. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman tentang bagaimana cara untuk ngeprint dokumen di Notepad.

Notepad merupakan sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Walaupun sebagai penyunting teks, bukan berarti kita tidak bisa mengeprint data atau dokumen melalui aplikasi ini.  Cara ngeprint di notepad hampir sama dengan ngeprint di word, akan tetapi yang berbeda hanya menu printnya saja.

Disini saya telah menyediakan sebuah data teks atau dokumen yang nantinya akan kita cetak. Setelah itu masuk ke menu Print, dengan cara klik menu File lalu pilih Print, atau dengan menekan tombol Ctrl dan P secara bersamaan pada keyboard.


Nah, menu print pada notepad berbentuk seperti ini, berbeda dengan menu print pada microsoft office.


Seperti biasa pada menu printer lainnya terdapat bagian untuk memilih jenis printer yag akan digunakan dalam mengeprint pada Select Printer.


Bagian Preference untuk bisa masuk ke Printer Properties, kebetulan saya menggunakan printer Canon jadi yang muncul pengaturan untuk printer Canon.


Pada bagian Page Range, berhubung Notepad tidak memiliki halaman jadi secara otomatis akan mengeprint semua teks, dan jika teks panjang maka akan terbagi ke beberapa halaman.


Tentukan jumlah untuk menggandakan dokumen yang akan diprint.


Jika semua telah sesuai dengan pengatran maka klik Print untuk memulai pencetakan atau printing.


Untuk lebih jelas lagi mengenai tutorial cara mengeprint dokumen di Notepad, saya rekomendasikan teman-teman untuk melihat juga video tutorialnya berikut ini.


Nah, bagaimana teman? mudah kan cara mengeprint dokumen di notepad? Sekian dulu tutorial kita pada kesempatan kali ini, jangan lupa untuk meninggalkan jejak berupa komentar dibawah dan jangan lupa juga untuk membagikan tutorial ini ke teman yang lain. Sampai ketemu pada tutorial selanjutnya.

Related Posts:

Cara Ngeprint 1 Lembar 2 Halaman di Microsoft Excel 2010

Assalamualaikum wr. wb. dan selamat sore teman-teman, berjumpa kembali di blog tutorial microsoft office, blog yang menyediakan tutorial-tutorial yang berhubungan dengan microsoft office dan lainnya. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman semua tentang bagaimana cara mengeprint 1 lembar dalam 2 halaman di microsoft excel 2010.

Mungkin banyak diantara teman-teman yang sudah mengetahui bagaimana cara untuk mengeprint 1 lembar kertas 2 halaman excel, akan tetapi tidak ada salahnya jika saya kembali memebrikan caranya. Adapun manfaat dari menggunakan cara ini dalam mengeprint ialah kita bisa menghemat atau mengurangi penggunaan kertas saat mengeprint.

Adapun caranya sangatlah mudah, pertama-tama teman-teman masuk ke menu print dengan cara mengklik menu file pada excel 2010 dan pilih Print, atau dengan cara cepat yaitu menekan tombol P dan Ctrl di keyboard secara bersamaan.


Setelah itu klik Properties...


Kemudian pada bagian Fitur Tambahan,teman-teman pilih Pencetakan 2 dalam 1. Dengan memilih Pencetakan 2 dalam 1 akan secara otomatis mengubah jumlah halaman per lembarnya menjadi dua. Contohnya dapat dilihat pada preview yang ada disamping.

Kita juga dapat mengubah ukuran kertas yang akan digunakan dalam mencetak atau mengeprint, serta teman-teman juga bisa mengubah orientasi dari kertas tersebut apakan dalam bentuk Portrait atau Landscape.

Setelah semua di atur sesuai dengan keinginan, teman-teman lanjut dengan mengklik OK.


Langkah terakhir teman-teman klik Print untuk melanjutkan ke pencetakan...


Untuk lebih jelas lagi mengenai tutorial diatas yaitu cara ngeprint 1 lembar 2 halaman di microsoft excel 2010, saya rekomendasikan teman-teman untuk menonton juga video tutorialnya berikut ini.


Nah, bagaimana teman-teman? mudah kan cara mengeprint 1 lembar 2 halaman di microsoft excel 2010? Sekian dulu tutorial kita kali ini, jangan lupa untuk meninggalkan jejak berupa komentar dibawah, dan jangan lupa juga untuk membagi tutorial ini keteman-teman yang lainnya. Selamat mencoba.

Related Posts:

Cara Ngeprint Slide PowerPoint di Microsoft Word

Assalamualaikum wr. wb. dan selamat malam teman-teman semua, berjumpa kembali di blog tutorial microsoft office, blog yang berisi tutorial-tutorial yang berhubungan dengan microsoft office dan lainnya. Nah, pada kesempatan yang baik ini saya akan berbagi kepada teman-teman tentang bagaimana cara ngeprint slide powerpoint di microsoft word.

Beberapa hari yang lalu ada teman yang bertanya kepada saya, teman ini bertanya "Bisa tidak yah ngeprint slide powerpoint di microsoft word ?" dan saya pun menjawab "Bisa lah..!". Teman saya bertanya lagi "caranya bagaimana?" Saya pun menjawab" Begini caranya".

Untuk mengeprint slide powerpoint di microsoft word, terlebih dahulu kita lakukan ialah dengan mengubah slide powerpoint ini menjadi image atau gambar. Caranya ialah klik Office Button yang terdapat disudut kiri atas. Kemudian pilih Save As lalu pilih lagi Other Formats.


Setelah itu pilih lokasi slide yang berbentuk gambar akan tersimpan. Pada bagian Save as Type, pilih format gambar JPEG atau PNG. Selanjutnya klik Save untuk menyimpan.


Pilih Every Slide untuk mengubah semua slide yang ada ke bentuk image atau gambar.


Setelah slide powerpoint sudah kita ubah ke bentuk image atau gambar. Kemudian teman-teman buka Microsoft Word. Masukkan gambar slide powerpoint tadi ke dalam lembar kerja word untuk di print. Caranya masuk ke menu Insert, kemudian pilih Picture.


Setelah itu cari dan pilih gambar slide powerpoint yang tadi, lalu klik Insert.


Nah, karena letak gambar ini masih berantakan maka silahkan diatur dahulu sebelum di print atau dicetak. Untuk mengirit kertas, saya akan menyatukan semua slide ini kedalam satu halaman saja. Nah sekarang slide powerpoint kita telah siap untuk diprint di microsoft word.


Untuk lebih jelas lagi mengenai tutorial bagaimana cara ngeprint slide powerpoint di microsoft word, saya rekomendasikan teman-teman untuk melihat juga video tutorialnya berikut ini.


Nah, bagaimana teman-teman? Mudah  kan cara mengeprint slide powerpoint di microsoft word? Sekian dulu tutorial kita padaa kesematan kali ini, jangan lupa untuk meninggalkan komentar dibawah, dan jangan lupa juga untuk membagi tutorial ini ke teman lainnya, serta sammpai ketemu pada tutorial selanjutnya.

Related Posts:

Cara Memasang Password Pada Dokumen di Word 2007

Assalamualaikum wr. wb. dan selamat sore teman-teman semua, berjumpa kembali di blog tutorial microsoft office, blog yang menyajikan tutorial-tutorial yang berhubungan dengan microsoft office dan lainnya. Pada kesempatan yang baik ini saya akan berbagi kepada teman-teman semua tentang bagaimana untuk memasang password pada dokumen di word 2007.

Memasang password pada dokumen di microsoft office word 2007 merupakan salah satu cara untuk pengamanan atau proteksi dokumen word kita dari tangan-tangan jahil. Adapun cara memasang password pada microsoft word 2007 caranya sangatlah mudah, pertaman-taman klik Office Button yang terdapat disudut kiri atas lembar kerja. Kemudian pilih Prepare, lalu pilih Encrypt Document.


Masukkan password yang akan digunakan untuk mengamankan dokumen. sebaiknya masukkan password yang mudah diingat. setelah itu klik OK.


Masukkan ulang password, kemudian klik OK.


Tutup dan simpan dokumen, kemudian kita uji coba pengamannya. Buka kembali dokumen yang tadi kita sudah pasangkan kode pengaman atau password.


Untuk lebih jelas lagi mengenai bagaimana cara memasang password pada dokumen di microsoft word 2007, saya rekomendasikan teman-teman untuk melihat juga video tutorialnya berikut ini.


Nah, bagaimana teman-teman? mudah kan cara memasang password pada dokumen di microsoft office word 2007? Silahkan dipraktekkan dan dicoba di komputer masing-masing. Sekian dulu tutorial kita pada kali ini, jangan lupa komen dan bagi tutorial ini ke teman kalian yang lainnya. Sampai ketemu pada tutorial selanjutnya.

Related Posts:

Cara Memberi Tanggal Pada Slide di Microsoft PowerPoint 2010

Assalamualaikum wr. wb. dan selamat siang teman-teman yang setia mengunjungi blog tutorial microsoft office dimana pun teman-teman dapat mengakses blog ini dan membaca postingan ini. Nah, pada postingan kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman semua tentang bagaimana cara memberi tanggal pada slide di Microsoft PowerPoint 2010.

Mungkin sebagaian besar teman-teman sudah mengetahui mengenai tutorial kita kali ini, akan tetapi tidak ada salahnya jika saya berbagi kepada teman-teman yang belum mengetahui caranya. Adapun cara untuk memasang atau memberi tanggal disetiap slide di PowerPoint 2010 caranya sangatlah mudah. Pertama-tama masuk ke menu INSERT, kemudian pilih DATE & TIME.


Setelah itu akan muncul jendela barru yaitu Header and footer, pilih Bagian SLIDE. Kemudian pilih DATE AND TIME.

Setelah itu teman-teman pilih UPDATE AUTOMATICALY. Nah disini saya akan merubah bahasa tanggalnya ke bahasa Indonesia dan mengubah bentuk tanggalnya. Pengaturannya sesuai dengan keinginan teman-teman. Klik APPLY TO ALL untuk menyimpan dan menerapkannya kesemua slide yang ada.


Secara otomatis tanggal akan muncul di setiap slide, letak atau posisi side disesuaikan dengan gaya background yang dipilih dan jenis slide, misalnya slide title dan slide isi.


Untuk lebih jelas lagi mengenai bagaimana cara untuk memberi tanggal pada slide di Microsoft PowerPoint, saya rekomendasikan teman-teman untuk melihat juga video tutorialnya berikut ini.


Nah, bagaimana teman-teman? mudah bukan cara memberi tanggal pada slide di Microsoft Office PowerPoint? Sekian dulu tutorial kita kali ini, jangan lupa untuk meninggalkan komentar dibawah dan jangan lupa juga untuk membagikan tutorial ini ke teman-teman kalian, dan sampai ketemu pada tutorial selanjutnya..

Related Posts:

Cara Print 2 Halaman 1 Kertas di Microsoft Word 2007

Assalamualaikum wr. wb. dan selamat sore teman-teman blog tutorial microsoft office dimanapun berada dan membaca postingan ini. Pada sore yang sangat mendung ini, saya kembali berbagi kepada teman-teman semua tentang bagaimana cara untuk mengeprint 2 halaman 1 kertas di microsoft word 2007.

Terdapat beberapa manfaat dari mengeprint 2 halaman 1 kertas di word 2007, salah satunya ialah bisa menghemat kertas yang digunakan. Adapun caranya sangatlah mudah, persiapkan terlebih dahulu sebuah dokumen word 2007 yang mempunyai banyak halaman, memang cara ini dapat berguna jika file yang akan kita cetak mempunyai banyak halaman.

Pertama-tama teman-teman masuk ke menu Print, dengan menekan tombol Ctrl dan P secara bersamaan, atau masuk ke menu Office Button.


Kemudian teman-teman masuk ke Print Properties, kebetulan cara ini menggunakan printer merek Canon.


Setelah itu pada bagian Additional Features, teman-teman pilih 2-on-1 Printing untuk mengeprint s halaman dalam 1 kertas. Setelah itu, klik OK dan klik OK lagi untuk memulai pencetakan.


Untuk lebih jelas lagi tentang bagaimana cara untuk ngeprint 2 halaman dalam 1 kertas di Microsoft Office Word 2007, saya juga merekomendasikan teman-teman untuk melihat juga video tutorialnya berikut ini.


Nah bagaimana teman-teman? mudah kan caranya ngeprint 2 halaman dalam 1 lembar kertas di microsoft word 2007? Sekian dulu tutorial kita pada kesempatan kali ini, jika ada pertanyaan silahkan di tulis pada kotak komentar dan jangan lupa juga untuk membagikan ke teman-teman yang lain. Sampai ketemu pada postingan selanjutnya.

Related Posts:

Cara Print PDF 4 Halaman 1 Kertas di Acrobat Reader DC

Assalamualaikum wr. wb. dan selamat sore teman-teman semua, selamat datang di blog tutorial microsoft office yang sederhana ini. Pada kesempatan yang baik ini saya akan berbagi kepada teman-teman masih berhubungan dengan PDF yaitu bagaimana cara ngeprint PDF 4 halaman 1 kertas di Acrobat Reader DC.

Terdapat kelebihan Print PDF 4 Halaman 1 Kertas, yaitu kelebihannya kita dapat menghemat kertas untuk mengeprint, apa lagi jika file pdf tersebut mempunyai banyak halaman. Adapun caranya sangatlah mudah, pertama-tama masuk ke menu print dengan mengklik ikon bergambar print pada menu atas, atau menekan tombol Ctrl dan P secara bersamaan pada keyboard.


 Setelah masuk ke menu Print, pada bagian Page Sizing & Handling pilih Multiple.


Setelah itu, ubah angka 2 menjadi angka 4 pada Pages per Shhet.


Jika teman-teman ingin mengeprint garis batas halaman, maka pilih Print page border.


Jika teman-teman ingin mengubah ukuran kertasnya sesuai dengan ukuran kertas yang akan kita gunakan dalam mencetak fil PDF ini maka teman-teman klik Page Setup.


Setelah itu pada bagian Size pilih ukuran kertas yang , pilih A4 jika kita menggunakan kertas A4, pilih Legal jika kita menggunakan kertas F4, dan pilih Letter jika kita menggunakan kertas Quarto. Klik OK untuk menyimpan pengaturan. Dan selanjutnya klik Print untuk melanjutkan ke proses pencetakan.


Untuk lebih jelas lagi mengenai tutorial bagaimana cara untuk mengeprint file dokumen PDF 4 halaman 1 lembar kertas di Acrobat Reader DC, saya merekomendasikan teman-teman untuk melihat juga video tutorialnya berikut ini.


Nah bagaimana teman-teman? mudah kan caranya ngePrint PDF 4 Halaman 1 Kertas di Acrobat Reader DC? sekian dulu tutorial kita pada kali ini, semoga tutorial ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Jangan lupa untuk bagi ke teman-teman kalian jika tutorial ini bermanfaat agar cara ini dapat diketahui oleh banyak orang. Sampai ketemu pada tutorial selanjutnya.

Related Posts:

Cara Print PDF Full Ukuran Kertas F4 di Acrobat Reader DC

Assalamualaikum wr. wb. dan selamat siang kepada teman-teman pengunjung web Tutorial Microsoft Office dimanapun teman-teman dapat menagkses web ini dan membaca postingan ini. Pada postingan kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman bagaimana cara untuk ngeprint PDF full ukuran kertas F4  di Acrobat Reader DC,

Mungkin masih banyak diantara teman-teman yang bingung saat akan mengeprint menggunakan kertas F4 di PDF, maka dari itu saya akan memberikan cara-caranya. Pertama-tama masuk ke menu print, dengan mengklik icon yang bergambar printer atau dengan menekan tombol Ctrl dan P secara bersamaan pada keyboard.


Setelah masuk ke menu Print, pilih Page Setup yang terdapat pada bagian bawah menu print.


Setelah masuk ke Page Setup, pilih Size untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan saat mengeprint di PDF.


Karena kita akan mengeprint dengan ukuran kertas F4, maka ukuran yang kita pilih adalah ukuran kertas Legal. Klik OK untuk menyimpan pengaturan.


Setelah itu klik Print untuk mencetak dokumen PDF dan lihat hasilnya.


Untuk lebih jelas lagi mengenai tutorial bagaimana cara untuk mengeprint dokumen PDF Full ukuran kertas F4 di Acrobat Reader DC, saya rekomendasikan teman-teman untuk melihat juga video tutorialnya berikut ini.


Nah, bagaimana teman-teman? mudah bukan caranya? Sekian dulu postingan saya kali ini yang berjudul bagaimana cara ngeprint PDF full kertas F4 di Acrobat Reader DC. Semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua dan sampai ketemu pada tutorial selanjutnya.

Related Posts:

Print Tabel di Excel 2010 Sesuai Dengan Ukuran Kertas Menggunakan Print Area

Print Tabel di Excel 2010 Sesuai Dengan Ukuran Kertas Menggunakan Print Area ~ Assalamualaikum wr. wb. dan selamat sore kepada teman-teman yang kebetulan mengunjungi web tutorial microsoft office ini dan membaca postingan ini. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman tentang bagaimana untuk mengeprint Tabel di Excel 2010 Sesuai Dengan Ukuran Kertas.

Seperti yang saya dan teman-teman ketahui, Lembar kerja Excel sangat berbeda dengan lembar kerja Word, pada Word kita dapat mengetahui ukuran kertas sehingga kita dapat menentukan ukuran tabel yang akan kita print sesuai dengan ukuran kertas yang akan kita gunakan.

Sedangkan di Excel tidak berbentuk halaman sehingga kita tidak dapat melihat ukuran kertasnya. Lalu bagaimana cara ngeprint tabel di excel? Disini saya telah menyediakan sebuah contoh tabel yang nantinya akan kita print sesuai dengan ukuran kertas.


Agar lebar tabel sesuai dengan ukuran kertas yang kita gunakan, caranya ialah dengan mengecilkan ukuran kolom pada tabel tersebut. Sebelum mengecilkan kolom, terlebih dahulu kita menentukan patokan ukuran kertas, jangan sampai lebar tabel terlalu kecil atau masih lebar.

Untuk memunculkan patokan ukuran yang berupa garis putus-putus caranya yaitu masuk ke menu Page Layout kemudian pada Size pilih ukuran A4 karena kita memang menggunakan kertas A4. Perhatikan garis putus-putus yang membentuk ukuran kertas A4, itu merupakan patokan kita.

Jika tabel melewati garis tersebut maka dapat dipastikan pada saat kita mencetak tabel tersebut akan terpotong. Dan jika tabel tidak sampai pada garis tersebut maka itu menandakan tabel kita terlalu kecil dan harus dilebarkan lagi ukuran kolomnya.


Setelah itu, kita sudah bisa mengatur ukuran kolom. Pasti teman-teman semua sudah mengetahui cara mengatur ukuran kolom. Atur ukuran kolom sesuai dengan isi dari kolom tersebut. Nah sekarang ukuran tabel telah sesuai dengan ukuran lebar kertas yang akan kita gunakan. Coba lihat melalui Print Preview.

Nah kini kita akan ke masalah yang kedua, yaitu bagaimana sudapa tabel E tidak terpotong saat akan diprint.


Adapun caranya sangatlah mudah, supaya tabel yang kita print terlihat rapi dan tidak terpotong, kita menggunakan Print Area. Sorot seluruh tabel, tapi jangan sampai melewati garis putus-putus yang menjadi patokan kita untuk ukuran kertas A4. Cukup sampai garis pemisah antara tabel D dan tabel E. Karena jika menyorotnya sampai garis antara kolom E dan kolom F maka tetap saja kolom E akan terpotong.


Setelah itu masuk ke menu Page layout kemudian klik Print Area lalu pilih Set Print Area.


Nah, sekarang bagian tabel yang kita sorot tadi akan menjadi area yang diprint dan terfokus hanya area itu saja yang akan terprint nantinya.


Untuk lebih jelas memahami tentang bagaimana mengeprint tabel di excel 2010 sesuai dengan ukuran kertas, saya merekomendasikan teman-teman untuk menyaksikan juga video tutorialnya dibawah ini. Selamat menyaksikan.


Nah, bagaimana teman-teman? mudah bukan caranya? Sekian dulu postingan saya kali ini yang ebrjudul bagaimana cara untuk Print Tabel di Excel 2010 Sesuai Dengan Ukuran Kertas menggunakan Print Area. Semoga postingan ini bermanfaat untuk teman-teman semua, sampai ketemu pada postingan selanjutnya.

Related Posts:

Cara Setting Print Warna Hitam Saja Pada Print Canon ip2770

Cara Setting Print Warna Hitam Saja Pada Print Canon ip2770 ~ Assalamualaikum wr. wb. dan selamat siang menjelang sore pengunjung web tutorial microsoft office dimanapun teman-teman dapat mengakses web ini dan membaca postingan ini. Tidak terasa tahun 2018 berlalu dan digantikan oleh tahun 2019, dan ini merupakan postingan pertama saya pada tahun ini, saya meminta maaf kepada teman-teman karna baru dapat berbagi lagi dikarenakan banyak kesibukan.

Oke, pada kesempatan yang baik ini saya akan berbagi kepada teman-teman sebuah tutorial yang berhubungan tentang Printer. Pasti teman-teman sudah banyak yang tau dan pasti beberapa teman lainnya masih mencari cara karena belum tahu tentang tutorial kali ini, yaitu bagaimana Cara Setting Print Warna Hitam Saja Pada Print Canon ip2770.

Oke kita langsung saja ke caranya, pertama-tama masuk ke menu printer atau buka Canon My Properties. Setelah itu pilih Properties. Setelah masuk ke Canon iP2700 series Properties, teman-teman pilih menu Perawatan atau Maintenance.


Setelah itu, teman-teman pilih bagian Setelan kartrij Tinta atau Ink Cartridge Settings...


Setelah itu akan muncul jendela baru Setelan kartrij Tinta atau Ink Cartridge Settings seperti pada gambar dibawah ini...


Teman-teman ubah pengaturan pada pilihan kartrij tinta untuk pencetakan yang tadinya Hitam dan Berwarna menjadi Hanya Jitam, kemudian klik OK untuk menyimpan pengaturan...


Untuk lebih jelas lagi mengenai bagaimana cara untuk setting atau mengatur printer agar mencetak menggunakan warna hita saja pada Canon iP 2770, saya rekomendasikan teman-teman untuk melihat juga video tutorialnya dibawah ini.


Nah, bagaimana teman-teman? mudah bukan caranya? itulah tutorial bagaimana cara untuk Setting Print Warna Hitam Saja Pada Print Canon ip2770, semoga postingan ini dapat membantu dan berguna untuk teman-teman semua. Jangan lupa untuk membagi postingan ini ke teman-teman yang lain, serta jangan lupa juga untuk meninggalkan jejak berupa komentar di kolom komentar. Sampai ketemu pada postingan tutorial selanjutnya.

Related Posts: