Cara Membuat Format Amplop di Microsoft Word





Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh dan selamat pagi teman-teman dimanapun berada, semoga dalam keadaan sehat wal'afiat. Tetap menerapkan hidup sehat dimanapun berada untuk mencegah penularan virus Corona atau COVID-19 yang saat ini sedang mewabah hampir diseluruh dunia termasuk Indonesia.

Oke kita kembali ke pembahasan kita kali ini, pada postingan kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman semua sebuah tutorial yaitu cara untuk membuat format amplop di microsoft word. Jadi dalam tutorial ini nantinya teman-teman akan mengetahui cara mengatur ukuran amplop serta bagaimana posisi amplop surat pada saat akan di print.

Mungkin masih banyak yah teman-teman yang belum tahu cara untuk mengatur ukuran amplop surat di microsoft word serta bagaimana posisi amplop surat di printer agar cetakannya pas. Sebagai info, amplop yang saya gunakan berukuran 90 PPS, atau 11 cm x 23 cm. Amplop ini bermerek SINAR DUNIA yang mempunyai pengaman berupa strip perekat.

Oke langsung saja, yang paling pertama yang akan kita lakukan ialah mengubah ukuran  kertas kerjanya sesuai dengan ukuran amplop, yaitu dengan masuk ke menu Page Layout kemudian pilih Size lalu pilih More Paper Size.

Setelah itu akan muncul jendela baru yaitu Page Setup, Ubah ukuran tinggi (Height) dan Lebar (Width) kertas sesuai dengan ukuran amplop, yaitu 110mm x 230mm. Setelah itu klik OK untuk menyimpan pengaturan.

Secara teknis format amplop kita sudah jadi, kita hanya tinggal mengetikkan hal-hal yang biasanya terdapat pada amplop. Sebelum itu atur dulu marginnya. Biasanya pada amplop surat terdapat kop berisi nama organisasi atau perusahaan, alamat, serta nama orang atau instansi tujuan.

Jangan lupa untuk mengatur ukuran font, dan juga jenis fontnya. Pasangkan juga garis dibawah judul amplop atau kop nya yang biasanya ada di bawah kop surat.

Biasanya pada bagian tujua surat, terdapat kotak yang seperti label undangan untuk tempat nama tujuan. Nah format amplop kita telah jadi dan siap untuk dicetak atau diprint.

Sebelum di print, teman-teman harus meletakkan posisi amplop pada print dengan pas, jangan sampai hasilnya terbalik. Nah, adapun posisi amplop di printer saat akan dicetak ialah. bagian atas amplop berada disebelah kiri dan harus berada ditengah2. Untuk lebih jelasnya silahkan teman-teman melihat video dibawah ini.




Setelah amplop berada pada posisi yang benar pada printer, saatnya kita mencetak amplop tersebut. Masuk ke menu printer lalu klik print atau cetak.

Untuk lebih jelas lagi mengenai tutorial diatas, saya sarankan teman-teman untuk melihat juga video tutorialnya yang telah saya persiapkan sebelumnya dibawah ini.




Nah, itu lah tutorial cara membuat format amplop di microsoft word, semoga tutorial ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua yang sedang mencari-cari cara membuat amplop di microsoft word serta cara untuk mengeprintnya. Sekian dan selamat mencoba.





Related Posts:

0 Response to "Cara Membuat Format Amplop di Microsoft Word"

Post a comment