Cara Membuat Margin Berbeda Dalam Satu Dokumen di Word





cara membuat margin berbeda dalam satu file word

Assalamualaikum wr. wb. dan selamat pagi teman-teman dimanapun berada dan kebetulan membaca postingan tutorial ini. Pada kesempatan kali ini saya kembali berbagi sebuah tutorial yang mudah-mudahan tutorial ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Adapun judul dari tutorial kali ini adalah cara membuat margin berbeda dalam satu file atau dokumen word.


Nah biasanya kita membuat sebuah tugas makalah, kita menyatukan antara isi makalah tersebut dengan sampulnya. Akan tetapi kedua halaman tersebut mempunyai perbedaan dalam hal ukuran marginnya, kita perlu mengatur margin sampul misalnya ukuran margin 3333 dan ukuran margin pada isinya adalah 4433.

Sebelum kita lanjut, mungkin teman-teman tertarik juga untuk membaca tutorial kami lainnya dibawah ini:

Adapun cara untuk membuat margin yang berbeda antara kedua halaman ini adalah cukup mudah. Pertama-tama kita mengatur dahulu margin pada halaman sampul yang dibuat pada halaman pertama pada dokumen. Seperti biasa, teman-teman mengatur margin di menu Page Layout.



Kemudian teman-teman pilih Margin, lalu pilih Custom margin untuk mengatur sendiri ukuran margin yang diinginkan. Setelah itu teman-teman bisa langsung menentukan ukuran marginnya pada jendela baru Page Setup. Karna pada halaman awal kita akan mengatur margin 3333, maka teman-teman bisa langsung mengaturnya.



Pada Top/Atas, Left/Kiri, Bottom/Bawah, dan Right/Kanan teman-teman isikan ke 3 cm. Setelah itu teman-teman klik OK untuk menyimpan pengaturan. Kemudian teman-teman buat halaman baru dibawahnya, kemudian atur kembali ukuran margin seperti pada halaman sebelumnya akan tetapi ukurannya berbeda.



Pada Top/Atas dan Left/Kiri, teman-teman atur ke ukuran 4 cm, sedangkan pada Bottom/Bawah dan Right/Kana, teman-teman atur ke ukuran 3 cm. Setelah itu pada Apply to, teman-teman ubah dari This section menjadi Whole document. Klik OK untuk menyimpan dan hasilnya bisa langsung dilihat.



Pada halaman berikutnya jika teman-teman membuat halaman baru, maka halaman tersebut akan mengikuti ukuran margin pada halaman kedua yang ukuran marginnya 4433. Nah, bagaimana teman mudah kan caranya?



Semoga tutorial ini dapat bermanfaat, jika menurut teman-teman penjelasan diatas kurang jelas, saya sarankan teman-teman untuk melihat juga video tutorialnya yang telah saya persiapkan sebelumnya dibawah ini. Selamat mencoba.









Tutorial Lainnya:

0 Response to "Cara Membuat Margin Berbeda Dalam Satu Dokumen di Word"

Posting Komentar